Humaniora

Ciri-ciri Orang yang Telah Menggapai Cahaya Malam Lailatul Qadar

76
×

Ciri-ciri Orang yang Telah Menggapai Cahaya Malam Lailatul Qadar

Sebarkan artikel ini
ilustrasi malam Lailatul Qadar/istimewa

PROGRES BENTENG- Dalam bulan Ramadan, seluruh umat Muslim memasuki periode yang penuh berkah dan kemuliaan, di mana mereka berlomba-lomba untuk meraih kesempatan langka: malam Lailatul Qadar.

Meskipun waktu pasti kedatangan malam Lailatul Qadar tidak diketahui, hadits Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk mencari malam yang istimewa ini di sepuluh malam terakhir Ramadan.

Ada beberapa tanda yang disebutkan dalam hadits terkait malam Lailatul Qadar, di antaranya adalah malam yang cerah dan pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang terlalu menyengat.

Mendapatkan malam Lailatul Qadar merupakan impian setiap muslim, karena malam ini dianggap lebih baik dari seribu bulan.

Namun, apa saja ciri-ciri orang yang mungkin mendapatkan malam Lailatul Qadar? Berikut beberapa ulasannya:

1. Bertambahnya Kebaikan:
Mendapatkan malam Lailatul Qadar ditandai dengan bertambahnya kebaikan dalam segala aspek kehidupan, mulai dari perkataan, sikap, hingga perbuatan.

2. Merasakan Ketenangan:
Ketenangan yang dirasakan adalah ketenangan yang berkelanjutan, sesuai dengan yang disebutkan dalam ayat terakhir surah Al-Qadar.

3. Meningkatnya Ketaqwaan:
Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan semakin taqwa dan patuh terhadap perintah-perintah Allah SWT, serta semakin khusyuk dalam ibadah.

4. Meningkatnya Kualitas Diri:
Mendapatkan Lailatul Qadar akan membawa seseorang menjadi pribadi yang lebih baik, baik dalam hubungannya dengan Allah SWT maupun dengan sesama manusia. Hal ini tercermin dari semakin giatnya dalam beribadah.

5. Doa-doa Terkabul:
Orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar diyakini bahwa doa-doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Dengan demikian, malam-malam terakhir Ramadan menjadi momen yang sangat berharga bagi umat Islam.

Dalam konteks tahun 2024, penanggalan masehi menunjukkan kemungkinan malam-malam Lailatul Qadar jatuh pada tanggal-tanggal berikut:

  • Malam ke-21 Ramadan: 31 Maret-1 April 2024
  • Malam ke-23 Ramadan: 2-3 April 2024
  • Malam ke-25 Ramadan: 4-5 April 2024
  • Malam ke-27 Ramadan: 6-7 April 2024
  • Malam ke-29 Ramadan: 8-9 April 2024

Semoga kita semua diberikan keberkahan dan kemuliaan dalam menjalani ibadah di bulan Ramadan, serta mendapatkan malam Lailatul Qadar yang penuh berkah.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *