Edukasi

Tahun 2023, Universitas Bengkulu Miliki Total 68 Guru Besar

×

Tahun 2023, Universitas Bengkulu Miliki Total 68 Guru Besar

Sebarkan artikel ini
Para Guru Besar yang dikukuhkan duduk sejajar dengan ketua senat dan rektor/ unib.ac.id

PROGRES BENTENG– Dilansir dari laman resmi unib,ac.id, pada akhir tahun 2023, jumlah Guru Besar dengan gelar professor di Universitas Bengkulu (UNIB) mengalami peningkatan signifikan, mencapai total 68 orang dengan keahlian yang beragam.

Peristiwa ini terjadi setelah UNIB melaksanakan pengukuhan 10 Guru Besar secara serentak di Gedung Serba Guna (GSG) UNIB pada Kamis, 14 Desember 2023.

Pengukuhan ini diadakan dalam rapat senat terbuka yang dibuka oleh Ketua Senat UNIB, Prof. Safnil, M.Pd, Ph.D, dan dihadiri oleh ratusan undangan dari berbagai elemen, termasuk keluarga dan rekan-rekan para Guru Besar.

Proses pengukuhan dipimpin langsung oleh Rektor UNIB, Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc.

Ke-10 Guru Besar yang dikukuhkan meliputi:

  1. Prof. Ashar Muda Lubis, S.Si, M.Sc, Ph.D, sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Fisika Kebumian di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA);
  2. Prof. Dr. Dra. Muria Herlina, M.Kes, sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Sosial di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP);
  3. Prof. Dr. Ir. Dwatmadji, M.Sc, sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Ternak Potong di Fakultas Pertanian (FP).
  4. Prof. Dr. Roosemarina Anggraini Rambe, S.E, M.M, sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB);
  5. Prof. Agustin Zarkani, S.P, M.Si, Ph.D, sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hama Tanaman (Entomologi) di Fakultas Pertanian (FP);
  6. Prof. Dr. Dra. Dian Eka Chandra, M.Pd, sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
  7. Prof. Dr. Drs. Rizwar, M.S, dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Biologi Lingkungan (Ekologi) di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA);
  8. Prof. Drs. Agus Susanta, M.Ed, Ph.D, sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP);
  9. Prof. Dr. Ir. Reny Herawati, M.P, sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Bioteknologi Tanaman di Fakultas Pertanian (FP);
  10. Prof. Dr. Marlin, M.Sc, yang juga dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Bioteknologi Tanaman di Fakultas Pertanian (FP).

Orasi ilmiah pertama disampaikan oleh Prof. Ashar Muda Lubis, dengan judul orasi “Peran Fisika Kebumian Dalam Ekplorasi Potensi Sumber Daya Alam Abiotik Di Daerah Back-ARC Basin Sumatera.

” Orasi selanjutnya adalah dari Prof. Muria Herlina, dengan judul “Kinerja Akademik Dan Lingkungan Sosial Remaja Perokok di Kota Bengkulu Indonesia: Pendekatan Mixed Research.”

Orasi-orasi berikutnya mencakup berbagai topik mulai dari Sistem Integrasi Kelapa Sawit – Ternak (SISNAK) untuk Meningkatkan Ketersediaan Daging Nasional yang Berkelanjutan hingga Efisiensi Belanja Pemerintah Daerah di Indonesia, serta topik lainnya terkait spesies serangga, pendidikan, lingkungan, dan bioteknologi.

Setelah para Guru Besar menyampaikan orasi ilmiah yang masing-masing berdurasi 10-15 menit, pengukuhan dilakukan.

Kata-kata pengukuhan diucapkan oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, didampingi oleh Ketua Senat UNIB Prof. Safnil, yang kemudian dilanjutkan dengan pemasangan Samir dan Kalung Tanda Kehormatan Guru Besar kepada masing-masing professor.

 

Sumber : unib,ac.id

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *