Edukasi

Penemuan Jenazah Kadaver, Mengenal Apa itu Kadaver? Eksplorasi Menyeluruh Bidang Kedokteran

×

Penemuan Jenazah Kadaver, Mengenal Apa itu Kadaver? Eksplorasi Menyeluruh Bidang Kedokteran

Sebarkan artikel ini
ilustrasi/istimewa

PROGRES BENTENG- Kadaver adalah istilah untuk jenazah atau tubuh manusia yang telah meninggal yang digunakan dalam konteks medis, termasuk untuk tujuan penelitian, studi medis, dan latihan praktis.

Di lingkungan pendidikan kedokteran, kadaver menjadi salah satu instrumen penting untuk mahasiswa, terutama dalam mempelajari anatomi tubuh manusia.

Beberapa waktu lalu, lima jenazah yang disebut sebagai kadaver ditemukan di Universitas Prima Indonesia (Unpri) Medan pada Selasa (12/12/2023).

Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia (Unpri) Medan, Kolonel drg Susanto, menjelaskan bahwa di laboratorium FK Unpri, terdapat lima kadaver yang digunakan untuk praktikum anatomi mahasiswa kedokteran. Kelima mayat tersebut terdiri dari satu perempuan dan empat laki-laki.

“(Jadi) di dalam laboratorium anatomi, salah satu media belajarnya adalah kadaver, yaitu tubuh manusia yang diawetkan. Di laboratorium FK Unpri terdapat lima kadaver, satu perempuan, dan empat laki-laki,” terang Susanto melalui keterangan resmi di videonya, Rabu (13/12/2023).

Penggunaan kadaver dalam pembelajaran anatomi telah menjadi bagian integral dari proses pendidikan kedokteran selama berabad-abad, dilansir dari laman Universitas Ciputra.

Meskipun teknologi telah memungkinkan penggunaan alternatif seperti manekin, pencitraan medis, dan multimedia untuk mempelajari anatomi tubuh manusia, beberapa penelitian menegaskan bahwa pengalaman langsung dengan kadaver tidak dapat sepenuhnya digantikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *