Berita UtamaHukum dan KriminalInternasionalNews

Profil Briptu Renita Rismayanti: Dedikasi dan Kontribusi Terbaik yang Mendunia dalam Pemolisian Digital

×

Profil Briptu Renita Rismayanti: Dedikasi dan Kontribusi Terbaik yang Mendunia dalam Pemolisian Digital

Sebarkan artikel ini
Brigadir Polisi Satu (Briptu) Renita Rismayanti/dok PBB.indonesia

PROGRES BENTENGBriptu Renita Rismayanti, seorang Brigadir Polisi Satu (Briptu) baru-baru ini memperoleh penghargaan sebagai Polwan Terbaik tahun 2023 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Penghargaan yang diterimanya di Markas PBB, New York, pada Senin (13/11/2023), menjadi bukti atas dedikasinya di bidang pemolisian digital, yang membuatnya terpilih sebagai UN Police Women of The Year 2023.

Kemampuan Briptu Renita dalam konseptualisasi dan pengembangan database internal keamanan serta platform manajemen kasus UNPOL telah menjadi sorotan utama yang memenangkannya penghargaan ini.

Tidak hanya memberikan apresiasi bagi dirinya sendiri, namun penghargaan ini juga membawa dampak positif bagi citra Polri secara keseluruhan, menunjukkan bahwa anggota polwan Polri mampu bersaing secara internasional, terutama dalam misi perdamaian PBB.

Berikut profil Briptu Renita Rismayanti

Dilansir laman resmi TribrataNews ,Briptu Renita Rismayanti, yang memulai karirnya sebagai Petugas Informasi Publik di Polri pada tahun 2014, memiliki sejumlah pengalaman di berbagai bidang seperti pelatihan, administrasi, dan logistik.

Sebagai personel Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter), Renita juga bertugas sebagai Petugas Basis Database Kriminal (Crime Database Officer) di Misi Stabilisasi Terintegrasi Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah (MINUSCA).

Wakil Sekretaris Jenderal untuk Operasi Perdamaian, Jean-Pierre Lacroix, mengungkapkan,

“Inovasi dan upaya Brigadir Polisi Satu Renita Rismayanti dalam memanfaatkan data dalam pemeliharaan perdamaian PBB dan Kepolisian Republik Afrika Tengah telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan keamanan bagi masyarakat yang rentan, termasuk perempuan dan anak perempuan,” kata  Jean-Pierre Lacroix, Rabu (15/11/2023) seperti dilansir dari detik.com.

Penghargaan Polwan Terbaik PBB 2023

Peran Briptu Renita dalam mengkonsep dan mengembangkan basis data kriminal telah memungkinkan Polisi PBB untuk memetakan dan menganalisis titik-titik panas kejahatan dan kekacauan, membantu pasukan keamanan negara untuk merencanakan operasi mereka dengan lebih baik demi mendukung penduduk setempat.

Pada 19 September 2023, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengirim Kontingen Garuda Bhayangkara (Garbha) Satgas FPU 5 Minusca ke Bangui, Afrika Tengah. Kontingen ini terdiri dari 140 personel Polri, termasuk 116 Polki dan 24 Polwan.

Selain itu, Polri telah mengirimkan total 3184 Personel Polri ke MPP PBB.

Satgas FPU 5 MINUSCA melalui tahap latihan Pra Penugasan selama 7 Bulan di Pusat Misi Internasional Polri (Serpong), dilengkapi dengan kemampuan standar PBB, seperti penanganan huru hara, Search & Rescue, investigasi, intelijen, negosiasi, kontra teroris, perlindungan VIP, penembak jitu, komunikasi elektronik, mekanik, hingga medical combat.

Kapolri berharap misi ini dapat memberikan kontribusi optimal terhadap perdamaian di wilayah penugasan.

Dalam ucapan terima kasihnya, Briptu Renita Rismayanti menyampaikan penghargaan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas dukungan yang diberikan padanya. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti, yang telah memberikan bimbingan dalam misi pasukan perdamaian di Afrika Tengah.

Renita menyatakan, “Award ini tidak akan tercapai tanpa dukungan Kepala Kepolisian RI. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolri yang telah mendukung saya dalam misi PBB ini,” ucap Briptu Renita Rismayanti dalam keterangan tertulis, Jumat (17/11/2023).

Tidak lupa, dia juga mengungkapkan terima kasih kepada Bapak Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti atas dukungan dan bimbingannya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kadiv Hubinter Polri atas seluruh dukungan dan bimbingan kepada saya,” sampainya dilansir detik,com.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *