EdukasiInternasionalNews

Tersingkap Fakta Baru! Surat Cinta Sukarno kepada Ratna Sari Dewi Mengungkap Peristiwa G30S/PKI

×

Tersingkap Fakta Baru! Surat Cinta Sukarno kepada Ratna Sari Dewi Mengungkap Peristiwa G30S/PKI

Sebarkan artikel ini
Surat Cinta Bung Karno kepada Ratna Sari Dewi/istimewa

PROGRES BENTENG- Pemerintah telah mengumumkan penemuan fakta baru terkait peristiwa G30S/PKI dalam sebuah surat cinta yang dikirimkan oleh Sukarno kepada Ratna Sari Dewi, istri keenam Proklamator Republik Indonesia tersebut.

Surat ini sedang dalam proses untuk dibawa dari Jepang ke Indonesia. Dilaporkan oleh Antara pada Jumat (17/11/2023), surat cinta dari Bung Karno kepada Ratna merupakan salah satu dari lebih dari 300 arsip yang saat ini dikumpulkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Imam Gunarto, Kepala ANRI, menyatakan,

“(Arsip) Sudah di Indonesia tapi aslinya masih di sana (Jepang). Nanti pelan-pelan kami akan bawa juga aslinya,” saat berbicara di sela Agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Denpasar, Bali, Jumat.

Saat ini, ANRI sedang menyusun sebagian arsip yang telah dibawa ke Tanah Air dari kediaman Ratna Sari Dewi di Tokyo pada minggu sebelumnya.

Menurut Gunarto, arsip-arsip ini termasuk yang baru dibuka dan selama ini telah disimpan dengan rapi oleh istri keenam Soekarno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *