Politik

Daftar 10 Jet Tempur Terkuat di Dunia Tahun 2023: Indonesia Miliki Salah Satunya

×

Daftar 10 Jet Tempur Terkuat di Dunia Tahun 2023: Indonesia Miliki Salah Satunya

Sebarkan artikel ini
The sun sets behind an Australian F-35A Lighting II aircraft at Luke Air Force Base, Ariz., June 27, 2018. The first Australian F-35 arrived at Luke in December, 2014. Currently six Australian F-35's are assigned to the 61st Fighter Squadron where their pilots train alongside U.S. Air Force pilots. (U.S. Air Force photo by Staff Sgt. Jensen Stidham) Note: This image was created by placing a reflective surface in front of the the camera lens.

PROGRES BENTENG – Memiliki beragam jenis Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) untuk memperkuat pertahanan telah menjadi keharusan bagi setiap negara guna menjaga kedaulatannya.

Salah satu Alutsista yang sangat penting adalah jet tempur, yang digunakan untuk menjaga keamanan suatu wilayah udara atau untuk melakukan serangan terhadap musuh.

Berikut adalah daftar 10 jet tempur terbaik tahun 2023 versi Aerotime:

1.Lockheed Martin F-35 Lightning II

Jet tempur ini menduduki peringkat pertama karena teknologi pertempuran udara terdepan yang dimilikinya. Sistem sensor dan fusi data memungkinkannya untuk mengumpulkan dan berbagi informasi lebih cepat dibandingkan dengan pesawat jet siluman lainnya.

Keunggulan ini memberikan keuntungan kepada pilot dalam pengambilan keputusan cepat di medan pertempuran. Selain itu, jet tempur ini memiliki akselerasi, kelincahan, dan kemampuan manuver yang sangat baik.

2. Chengdu J-20 Mighty Dragon

Jet tempur generasi kelima asal Cina ini dirancang untuk menyaingi F-22 dan Su-57. Chengdu J-20 dapat membawa berbagai rudal jarak jauh, termasuk PL-15, PL-21, dan rudal kendali LS-6.

Meskipun detail karakteristiknya dirahasiakan, prototipe bagian depannya mirip dengan F-22 Raptor, sedangkan bagian belakangnya mirip dengan Sukhoi T-50.

3. Lockheed Martin F-22 Raptor

F-22 merupakan jet tempur generasi kelima yang pertama kali menggunakan teknologi siluman. Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) adalah satu-satunya pengguna F-22 karena Amerika Serikat melarang penjualan kepada negara lain. Keunggulan dan kecanggihannya telah terbukti dalam berbagai misi tempur.

4.KAI KF-21 Boramae

KF-21 merupakan jet terbaru dalam daftar ini, dengan penerbangan perdana pada Juli 2022. Meskipun demikian, KF-21 memiliki banyak fitur yang kompatibel dengan jet generasi kelima.

Jet tempur buatan Korea Selatan ini memiliki desain siluman dan beberapa teknologi yang juga digunakan pada F-35.

5. Sukhoi Su-57

Jet tempur generasi kelima unggulan Rusia ini mampu mencapai kecepatan supersonik dan dilengkapi dengan peralatan radio-elektronik tercanggih serta teknologi ko-pilot elektronik.

Beberapa media Barat bahkan menyebutkan bahwa Sukhoi Su-57 ikut terlibat dalam invasi Rusia di Ukraina.

6. Shenyang FC-31 Gyrfalcon

Jet tempur yang dikembangkan oleh Shenyang Aircraft Co. Ltd (SAC) ini dilengkapi dengan radar canggih yang dapat mengunci beberapa target secara bersamaan.

SAC juga menawarkan kemampuan serupa namun dengan biaya pengadaan yang lebih rendah dibandingkan Lockheed Martin F-35 Lightning II.

7. Boeing F-15EX Eagle II

F-15EX Eagle II yang dikembangkan oleh Boeing merupakan versi tercanggih dari F-15, salah satu jet tempur generasi ke-4 pertama yang mencapai usia 50 tahun tahun lalu. Jet ini dilengkapi dengan teknologi sistem avionik dan persenjataan yang tangguh sehingga diminati oleh banyak negara.

8.Eurofighter Typhoon

Sebagaimana namanya, Eurofighter Typhoon dirancang sebagai jet tempur gabungan Eropa, tetapi diminati oleh negara di luar Eropa, khususnya di Timur Tengah seperti Qatar dan Arab Saudi.

Typhoon merupakan salah satu jet generasi ke-4 tercanggih, dan varian terbarunya, Tranche 4, dilengkapi dengan perangkat lunak dan keras yang efektif menghancurkan target di udara maupun di darat.

9. Dassault Rafale

Rafale merupakan jet tempur andalan Prancis yang terus dikembangkan. Varian terbaru, F3, dilengkapi dengan sistem dan sensor senjata paling mutakhir. Rafale F4 sedang dalam pengembangan dengan peningkatan pada radar dan avionik.

Kecanggihannya membuat beberapa negara, termasuk Indonesia, tertarik untuk mengakuisisinya.

10. Sukhoi Su-35S

Sukhoi Su-30, Su-35, dan Su-37 dari Rusia serta Shenyang J-16 milik Cina didasarkan pada platform Su-27 yang dikembangkan dengan kemampuan generasi 4,5. Su-35S dianggap sebagai versi pamungkas, dilengkapi dengan sistem elektronik terbaru yang diproduksi Rusia dan nozel mesin thrust-vectoring yang membuat pesawat ini sangat mudah bermanuver.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *