Teknologi

Mengantisipasi Era Konten AI, YouTube Menerapkan Kebijakan Baru

71
×

Mengantisipasi Era Konten AI, YouTube Menerapkan Kebijakan Baru

Sebarkan artikel ini
IST

PROGRES BENTENG- Di tengah gemerlapnya jagad maya dengan konten hasil AI yang semakin realistis, tantangan untuk membedakan antara konten asli dan hasil manipulasi semakin membingungkan.

Namun, YouTube, sebagai salah satu platform terkemuka, telah melangkah maju dengan menerapkan kebijakan baru untuk mengatasi masalah ini.

Melalui pengumuman resminya, YouTube menjelaskan bahwa kreator sekarang harus menandai konten mereka jika menggunakan manipulasi sintetis atau AI.

Ini bertujuan untuk memberi penonton kesadaran bahwa apa yang mereka saksikan adalah hasil dari teknologi, bukan kenyataan murni.

Konten yang mengubah orang, peristiwa, atau tempat, bahkan adegan yang terlihat nyata, harus diberi label sebagai “altered or synthetic content” di Creator Studio.

Langkah ini diharapkan dapat membantu penonton membedakan antara konten asli dan yang disintesis.

Untuk konten dengan topik sensitif seperti kesehatan, konflik, pemilihan umum, dan finansial, label akan langsung ditampilkan pada pemutar video.

Sedangkan untuk konten yang pengaruhnya lebih rendah, label akan disematkan dalam deskripsi.

Namun, kebijakan ini tidak berlaku ketika AI digunakan dalam proses kreatif seperti penulisan skrip atau ide untuk video. Begitu juga dengan penggunaan efek video atau filter kecantikan yang dihasilkan oleh AI.

YouTube saat ini tidak memberlakukan tindakan penegakan yang ketat, namun, mereka memberi peringatan bahwa pelanggaran berulang dapat mengakibatkan penghapusan video, penangguhan akun, atau bahkan demonetisasi.

Langkah ini menegaskan komitmen YouTube dalam menjaga integritas konten di platformnya, sambil memberikan kesempatan bagi kreator untuk menyesuaikan diri dengan perubahan kebijakan ini.

Sebuah langkah penting menghadapi era konten AI yang semakin canggih dan kompleks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *