Teknologi

Era Baru Akses Internet Kecepatan Tinggi dan Stabilitas, Siap-Siap! Starlink Mulai Melangkah ke Indonesia

58
×

Era Baru Akses Internet Kecepatan Tinggi dan Stabilitas, Siap-Siap! Starlink Mulai Melangkah ke Indonesia

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Space X di Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. Presiden tiba di Space X sekitar pukul 10.30 waktu setempat disambut langsung oleh Elon Musk selaku founder Space X.(Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

PROGRES BENTENG- Starlink, proyek ambisius milik Elon Musk, telah meraih izin untuk beroperasi di Indonesia, membuka pintu bagi warga negara untuk mengakses internet dengan kecepatan tinggi dan stabilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Kerja sama dengan penyelenggara jasa interkoneksi internet lokal telah memungkinkan Starlink untuk menyediakan layanan internet langsung kepada konsumen, membuka era baru dalam konektivitas digital di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menegaskan bahwa Starlink telah mematuhi semua regulasi yang berlaku sebelum memperoleh izin beroperasi.

Ini mencakup persyaratan fairness dalam bisnis dan kesetaraan persaingan dengan pemain lain di pasar.

“Yang jelas bisnisnya harus fair, level of playing field-nya harus fair, semua harus ikuti regulasi yang ada,” kata Menkominfo, dikutip dari CNBC Indonesia Kamis (4/4/2024).

Dengan demikian, Starlink siap untuk menyediakan layanan internet langsung kepada konsumen melalui skema B2C (business to consumer).

Pada tahap awal, Starlink akan melakukan uji coba layanan internet di Ibu Kota Negara setelah periode Lebaran.

Jadwal pasti untuk uji coba ini masih dalam tahap pembicaraan, tetapi Menteri Setiadi memastikan bahwa layanan internet Starlink akan segera tersedia untuk konsumen.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Wayan Toni Supriyanto, menjelaskan bahwa Starlink telah mengajukan dua izin operasi di Indonesia: sebagai penyedia VSAT dan sebagai penyelenggara internet (ISP).

“Jadi mereka ada kemungkinan sudah comply untuk internet. Dia bekerja sama dengan NAP. Mungkin belum selesai PKS-nya [perjanjian kerja sama],” katanya masih dari CNBC Indonesia.

Ini menunjukkan komitmen Starlink untuk beroperasi secara luas dan menyediakan layanan internet yang andal di seluruh negeri.

Meskipun Starlink adalah proyek global, operasionalnya di Indonesia akan dijalankan oleh perusahaan lokal yang berizin.

Hal ini menandakan bahwa Starlink akan beradaptasi dengan kebutuhan lokal dan membangun infrastruktur yang sesuai dengan regulasi Indonesia.

Perusahaan lokal ini akan membeli perangkat stasiun bumi dan akses internet dari Starlink global, sehingga memastikan keberlanjutan layanan VSAT dan ISP di Indonesia.

Dengan langkah ini, Starlink membuka pintu bagi warga Indonesia untuk merasakan revolusi dalam akses internet. Kecepatan tinggi, ketersediaan luas, dan stabilitas yang dijanjikan oleh Starlink menjanjikan perubahan signifikan dalam cara kita terhubung dan berinteraksi dengan dunia digital.

Sebuah era baru telah dimulai, di mana konektivitas internet bukan lagi menjadi mimpi, tetapi merupakan hak yang dapat dinikmati oleh semua orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *