Politik

Ada Israel, Inilah 7 Negara yang Segan dengan Kekuatan Militer Indonesia

×

Ada Israel, Inilah 7 Negara yang Segan dengan Kekuatan Militer Indonesia

Sebarkan artikel ini
kekuatan militer indonesia
Presiden Joko Widodo saat memeriksa barisan militer (Foto: Istimewa)

PROGRES BENTENG – Indonesia, dengan ukuran dan jumlah penduduk yang besar, telah menjadi kekuatan yang diperhitungkan dalam arena internasional. Prestasi ekonominya yang stabil membuat Indonesia diperhatikan oleh banyak negara di seluruh dunia.

Perekonomian yang stabil bukan satu-satunya alasan mengapa beberapa negara merasa takut dengan kekuatan Indonesia. Secara militer, Indonesia menduduki peringkat ke-13 dari 145 negara dalam peringkat militer dunia 2023 yang dirilis oleh Global Firepower.

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia bahkan menempati urutan pertama. Keunggulan ini tidak hanya terlihat dari segi alutsista, tetapi juga dari keberadaan pasukan elit khusus.

Berikut adalah beberapa negara yang merasa segan dengan kekuatan militer Indonesia:

  1. Malaysia: Meskipun hubungan diplomatik sering mengalami pasang surut, Malaysia sadar bahwa kekuatan militer Indonesia jauh di atasnya.
  2. Myanmar: Meski pernah memiliki ketegangan akibat isu Rohingya, junta militer Myanmar merasa terancam oleh kekuatan militer Indonesia.
  3. Vanuatu: Pernah mengkritik Indonesia dalam forum internasional, Vanuatu merasa gentar dengan kekuatan militer Indonesia.
  4. Israel: Sebagai musuh abadi Palestina, Israel sering dibandingkan dengan kekuatan militer Indonesia, yang secara signifikan Indonesia lebih kuat. Indonesia berada di posisi 13 dan Israel posisi 18.
  5. Belanda: Pengalaman penjajahan Belanda terhadap Indonesia membuatnya merasa takut dengan kekuatan militer Indonesia yang saat ini berada di posisi ke-13 dunia. Meski pernah menjajah Indonesia, kekuatan militer Belanda saat ini tertinggal jauh dari Indonesia. Belanda saat ini hanya menempati posisi militer ke-38 terkuat di dunia.
  6. Australia: Tetangga sebelah, Australia, merasa cemas dengan jumlah penduduk Indonesia dan kekuatan militernya yang mengesankan.
  7. Timor Leste: Setelah memisahkan diri dari Indonesia pada tahun 1999, Timor Leste tetap mengakui kekuatan militer Indonesia sebagai salah satu yang terkuat di dunia.

Dengan prestasi militer yang memukau, Indonesia terus mendapat pengakuan dan rasa hormat di dunia internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *