Otomotif

Resmi Dijual di Indonesia, Segini Harga Kawasaki Ninja E1 dan Z E1

×

Resmi Dijual di Indonesia, Segini Harga Kawasaki Ninja E1 dan Z E1

Sebarkan artikel ini
Kawasaki Ninja E1
Kawasaki Ninja E1 (Dok. Kawasaki)

PROGRES BENTENG – Kawasaki Motor Indonesia secara resmi meluncurkan dua sepeda motor listrik sport mereka, Kawasaki Ninja E1 dan Kawasaki Z E1, pada 17 November 2023, untuk pasar domestik Indonesia.

Kedua produk ini diimpor secara CBU dari Jepang, membuat Kawasaki Motor Indonesia menjadi pabrikan Jepang pertama yang secara resmi memasarkan sepeda motor listrik tipe sport di Indonesia.

Kawasaki, yang terkenal dengan motor sport, menunjukkan tekadnya untuk memasukkan sepeda motor listrik ke dalam lini produk sport-nya. Hari ini, Kawasaki memenuhi janjinya dengan mengumumkan dua sepeda motor listrik baru, Ninja E1 dan Z E1, yang dirancang khusus untuk penggunaan perkotaan. Desain dan dimensi keduanya sebagian besar didasarkan pada model Kawasaki 250cc, tetapi menjanjikan pengalaman berkendara yang unik dibandingkan dengan sepeda motor bermesin konvensional.

Dikutip adri TMC Blog, Kawasaki dengan percaya diri mengklaim bahwa Ninja E1 dan Z E1 menawarkan kinerja yang unggul dan lebih baik dibandingkan dengan skuter atau sepeda listrik sekelasnya (setara dengan mesin bakar 125cc). Sebagai bagian dari misi untuk menjangkau pebalap baru, keduanya dirancang untuk memenuhi kebutuhan segmen sepeda motor listrik.

Motor listrik brushless pada Ninja E1 dan Z E1 memiliki daya 5,0kW, dengan daya maksimal mencapai 9,0kW, setara dengan mesin bakar 125cc. Keuntungan utama meliputi kinerja yang bersih, tenang, dan pengendaraan yang nyaman, serta tenaga low-end yang kuat dan respons throttle yang cepat untuk akselerasi yang efisien dalam situasi berkendara perkotaan stop and go.

Tenaga dari motor ditransfer melalui gigi reduksi primer ke penggerak akhir rantai. Dengan transmisi rasio tunggal dan motor listrik, kebutuhan akan kopling atau tuas pemindah gigi dihilangkan. Untuk menjaga bobot tetap rendah, Kawasaki menggunakan rangka teralis yang terinspirasi dari produk lainnya, dengan kekakuan dan posisi pemasangan yang direvisi untuk mendukung motor listrik dan menurunkan CoG (Center of Gravity) sepeda motor.

Kawasaki juga memastikan kenyamanan dengan fitur seperti garpu depan teleskopik 41mm, shock preload yang dapat disesuaikan, dan rem cakram di depan dan belakang dengan kaliper dua piston. Bobot Ninja E1 adalah 140 kg, sedangkan Z E1 seberat 135 kg.

Baterai lithium-ion ganda dipasang secara paralel, memungkinkan sepeda motor tetap dapat dihidupkan dengan jangkauan setengah jika salah satu baterai dicopot. Baterai ini memiliki kapasitas nominal 30Ah dan tegangan nominal 50,4V, memberikan total kapasitas baterai sebesar 60Ah. Kelebihan lainnya dari baterai yang dapat dilepas adalah kemampuan untuk diisi daya di dalam ruangan.

Kedua sepeda motor, Ninja E1 dan Z E1, memiliki desain bodywork yang berbeda dan posisi berkendara yang berbeda. Perbedaan utamanya terletak pada setang, dengan Ninja E1 menggunakan setang model clip-on yang dipasang di bagian atas tabung garpu, sementara Z E1 menggunakan stang satu bagian yang lebih tinggi untuk posisi berkendara yang lebih tegak.

Harga Kawasaki Ninja E1 dan Z E1

Sepeda motor Ninja E1 dan Z E1 dilengkapi dengan kotak penyimpanan berkapasitas 5 liter, layar TFT 4,3 inci, dan teknologi bluetooth untuk kenyamanan pengendara. Harga keduanya dijual oleh Kawasaki Motor Indonesia sebesar Rp 149,9 juta untuk Ninja E1 dan Rp 146,9 juta untuk Kawasaki Z E1.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *