Gaya Hidup

Mendekati Sale 12.12: 5 Tips Jitu Belanja Online Tanpa Risiko di Dunia Maya

ilustrasi belanja online/ istimewa

PROGRES BENTENG– Momen belanja online paling dinanti di Indonesia adalah saat Sale 12.12.

Fenomena ini sebanding dengan kegemaran konsumen global pada Black Friday dan Cyber Monday, di mana menurut Kaspersky, 90% pembelian terjadi secara spontan.

Influencer dan blogger online punya peran besar. Sebanyak 58% pengikut berupaya mendapatkan penawaran khusus yang direkomendasikan oleh influencer dan blogger favorit mereka.

Ternyata, perempuan (22%) cenderung lebih antusias berburu diskon daripada laki-laki (17%). Mayoritas (69%) siap menunggu momen besar demi penawaran terbaik.

Black Friday dan Cyber Monday bukan hanya momen penjualan global yang populer, tapi juga rentan terhadap risiko kejahatan siber.

Menurut survei Salesforce, 90% responden belanja spontan selama penjualan tersebut. Dan, 57% bahkan melakukannya sepanjang waktu.

“Solusi kami untuk belanja online yang aman – seperti Kaspersky Premium – dapat menjadi asisten andal dalam keamanan pembayaran online, yang tidak hanya akan melindungi data pribadi Anda, tetapi juga informasi keuangan, dan juga akan memperingatkan untuk menghindari kemungkinan situs phishing situs,” ujar Marina Titova, Wakil Presiden Pemasaran Produk Konsumen di Kaspersky.

Agar pengalaman belanja online aman dan positif, Kaspersky berbagi beberapa tips sederhana:

  1. Kata Sandi Kuat: Buat kata sandi unik atau gunakan pembuat kata sandi untuk kekuatan dan keunikan. Manajemen kata sandi juga membantu menyimpannya.
  2. VPN: Jika terhubung ke jaringan publik, VPN dapat mencegah penyerang mengintip login dan detail pembayaran.
  3. Tidak Tautkan Kartu: Jangan sambungkan kartu kredit/debit ke semua akun belanja online. Ini mengurangi risiko jika akun terkena serangan.
  4. Kartu Terpisah: Dapatkan kartu terpisah untuk belanja online. Ini membatasi akses jika detailnya dicuri.
  5. Perlindungan Andal: Gunakan solusi keamanan yang bisa mendeteksi dan blokir situs phishing secara otomatis.

Dengan tips-tips ini, belanja online bisa lebih aman dari ancaman kejahatan siber di dunia maya.

Exit mobile version