Gaya Hidup

Kutu Busuk Mulai Menyebar di Asia-Pasifik, Berikut Tips dan Tindakan Pencegahannya!

59
×

Kutu Busuk Mulai Menyebar di Asia-Pasifik, Berikut Tips dan Tindakan Pencegahannya!

Sebarkan artikel ini
singapura/istimewa

PROGRES BENTENG- Kekhawatiran tentang wabah kutu busuk sangat terlihat di wilayah Asia-Pasifik dalam beberapa waktu terakhir. Penyebaran hama ini terjadi dengan cepat setelah muncul pertama kali di Perancis pada awal tahun ini, dan sekarang telah menyebar ke Korea Selatan, Hong Kong, dan yang terbaru, Singapura.

Meskipun belum ada laporan wabah kutu busuk yang ekstrem di Asia, beberapa penduduk dan pemerintah kota sudah bekerja sama dengan perusahaan pengendalian hama.

Di Singapura, perusahaan pembasmi hama Aardwolf Pestkare menyatakan bahwa kasus terkait kutu busuk mengalami peningkatan hingga 40% dalam dua bulan terakhir, menurut laporan CNA.

Sementara itu, perusahaan pembasmi hama lainnya, Pestbusters, juga mencatat peningkatan permintaan sekitar 15% dalam enam bulan terakhir.

“Jumlahnya terus meningkat dan saya menduga jumlahnya mungkin masih akan terus naik karena musim liburan sudah dekat,” kata Joachim Lee, seorang ahli entomologi di Pestbusters, seperti yang dilansir oleh CNA pada Kamis (23/11/2023).

Cara untuk menghindari kutu busuk

Kutu busuk merupakan hama yang sangat mudah berpindah tempat. Serangga kecil ini dapat menempel pada berbagai barang yang digunakan manusia, sehingga sangat mudah tersebar.

Peter Chan dari Aardwolf Pestkare menyarankan salah satu cara untuk menghindari membawa pulang hama ini adalah dengan merendam pakaian dan barang-barang lainnya dalam air dengan suhu di atas 60 derajat Celsius seperti dilansir dari CNBC Indonesia.

Berikut beberapa cara untuk mencegah membawa pulang kutu busuk setelah bepergian:

  1. Keluarkan pakaian kotor dari koper di kamar mandi, kemudian kibaskan di atas lantai yang berwarna terang agar kutu dapat terlihat.
  2. Periksa koper secara teliti, pastikan tidak ada kutu yang bersembunyi di tempat seperti kantong atau resleting.
  3. Segera cuci pakaian seperti biasa. Jika ada kekhawatiran tentang adanya kutu yang menempel, rendam pakaian dengan air panas.
  4. Untuk lebih berhati-hati, gunakan hair dryer untuk menguapkan koper atau tas yang tidak bisa dicuci. Metode ini dapat membunuh kutu yang mungkin ada.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *