Gaya Hidup

9 Rahasia Panjang Umur dari Zona Biru, Menuju Kehidupan Bahagia dan Usia Lanjut yang Memikat

×

9 Rahasia Panjang Umur dari Zona Biru, Menuju Kehidupan Bahagia dan Usia Lanjut yang Memikat

Sebarkan artikel ini
Rahasia Panjang Umur/istimewa

PROGRES BENTENG– Menariknya, impian panjang umur ternyata bukanlah khayalan semata. Di tengah tantangan kehidupan yang serba sulit dan penuh stres, banyak yang menganggap hidup hingga usia lanjut sebagai hal yang mustahil. Namun, realitanya, hidup panjang di atas usia 100 tahun bukanlah hal mustahil.

Di beberapa wilayah, seperti Zona Biru di Ikaria, Yunani; Okinawa, Jepang; Ogliastra, Sardinia, Italia; Loma Linda, California, AS; dan Semenanjung Nicoya, Kosta Rika, penduduknya dikenal dengan umur panjang karena gaya hidup mereka yang penuh kebahagiaan melansir dari CNBC Make It dan CNBC Indonesia.

Ada seorang peneliti bernama Dan Buettner yang fokus pada studi panjang umur. Ia melakukan wawancara dengan 263 orang yang berusia 100 tahun ke atas di Zona Biru.

Dari wawancaranya, dia berhasil merangkum sembilan rahasia kebahagiaan yang menjadi kunci hidup panjang. Yuk, simak uraiannya.

1.Berkebun sebagai Hobi

Penduduk Zona Biru tidak terlalu memaksakan diri dengan olahraga berat atau aktivitas gym. Mereka lebih memilih tinggal di lingkungan yang memicu gerakan aktif, seperti berkebun dan mengerjakan pekerjaan rumah. Selain itu, mereka senang melakukan perjalanan dengan perasaan bahagia.

2.Memiliki Tujuan Hidup

Mengetahui tujuan hidup bisa menambah usia hingga tujuh tahun. Konsep “ikigai” dari Jepang atau “plan de vida” di Kosta Rika menjadi bagian penting dalam rahasia panjang umur. Memiliki tujuan hidup selain dari pekerjaan adalah salah satu kunci kebahagiaan di Zona Biru.

3.Rutinitas untuk Mengurangi Stres

Masyarakat Zona Biru memiliki rutinitas untuk mengurangi stres, seperti beribadah dan beristirahat. Setiap komunitas memiliki cara tersendiri: Okinawa berdoa dan mengingat leluhur, penganut Advent berdoa, orang Ikaria tidur siang, dan masyarakat Sardinia melakukan aktivitas yang membuat bahagia.

4.Mengontrol Makanan

Masyarakat Jepang memiliki kebiasaan berhenti makan saat merasa 80% kenyang. Sementara di wilayah lain, makan camilan di sore hari menjadi kebiasaan.

5.Mengonsumsi Bahan Pangan Nabati

Mereka cenderung mengonsumsi lebih banyak bahan pangan nabati, terutama kacang-kacangan, dengan hanya sedikit konsumsi daging.

6.Minum Wine secara Teratur

Masyarakat Zona Biru mengonsumsi wine dalam takaran moderat setiap hari. Mereka juga memiliki menu makanan khas, seperti susu kambing, keju domba, roti tradisional, dan minuman tertentu.

7.Rutin Menghadiri Acara Keagamaan

Sebagian besar dari mereka rutin menghadiri acara keagamaan, yang dapat menambah angka harapan hidup hingga 14 tahun.

8.Prioritaskan Hubungan Sosial

Memperhatikan orang terdekat, baik itu pasangan hidup atau anak-anak, adalah kunci utama. Keharmonisan dalam hubungan juga berkontribusi pada hidup yang panjang.

9.Pilih Lingkungan yang Positif

Memilih lingkungan sosial yang positif dapat membentuk kebiasaan yang baik dan mendukung kesehatan mental. Di Okinawa, mereka membentuk kelompok komitmen seumur hidup, “moais”, yang terdiri dari lima orang.

Menarik bagaimana gaya hidup dan nilai-nilai ini dapat menjadi rahasia panjang umur. Siapa sangka, bukan hanya soal genetika atau perawatan medis, tapi gaya hidup dan pola pikir juga sangat berperan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *