Finansial

Siapa Presiden RI Termiskin dan Terkaya? Berikut Daftar Kekayaan 7 Presiden RI

×

Siapa Presiden RI Termiskin dan Terkaya? Berikut Daftar Kekayaan 7 Presiden RI

Sebarkan artikel ini
istana merdeka/ istimewa

PROGRES BENTENG- Sejak kemerdekaan, Indonesia telah dipimpin oleh tujuh Presiden, dimulai dari proklamator Soekarno hingga yang saat ini menjabat, Joko Widodo.

Kekayaan pejabat negara, termasuk Presiden, selalu menjadi perhatian masyarakat. Banyak yang penasaran dengan jumlah kekayaan mereka.

Lalu, berapa kekayaan para Presiden Indonesia? Berikut adalah daftar kekayaan mereka yang dikutip dari berbagai sumber:

1.Soekarno

Jumlah pasti kekayaan dari Presiden pertama RI ini belum diketahui. Namun, berdasarkan koran Austria Kronen Zeitung edisi 17 dan 19 Desember 2012, seperti yang dilansir oleh detikcom, pada tahun yang sama disebutkan bahwa kekayaan Soekarno mencapai US$ 180 miliar yang tersimpan di sebuah bunker di Union Bank of Switzerland (UBS).
Koran Kronen Zeitung termasuk salah satu koran tertua di Austria. Mereka telah beredar sejak 2 Januari 1900.

2.Soeharto

Mengutip detikcom, Departemen Keuangan Amerika Serikat mendeteksi adanya transfer uang dalam jumlah besar, mencapai US$ 9 miliar, ke bank di Austria pada tahun 1998 setelah Soeharto turun.

Uang tersebut merupakan kepemilikan dari Presiden kedua tersebut.

Namun, jumlah tersebut diyakini hanya sebagian kecil dari total kekayaan yang dimiliki Soeharto selama masa jabatannya dari tahun 1966 hingga 1998.

Sementara itu, sebuah lembaga keuangan internasional, Time Warner Inc, menyebutkan bahwa kekayaan Soeharto diperkirakan mencapai sekitar US$ 15 miliar, termasuk dalam jumlah tersebut US$ 9 miliar yang dipindahkan dari bank di Swiss ke bank di Austria.

3.B.J. Habibie

Belum ada informasi pasti mengenai jumlah kekayaan BJ Habibie. Namun, media cetak Asia Far Eastern Economic Review pernah melaporkan bahwa kekayaan BJ Habibie mencapai US$ 60 juta.

Asia Far Eastern Economic Review adalah media bisnis berbahasa Inggris terbesar di Asia dengan kantor pusat di Hong Kong.

Kekayaan BJ Habibie berasal dari hak kekayaan intelektual atas beberapa penemuan teknologi dan beberapa bisnis di bidang teknologi.

Menurut Globe Asia, anak-anak BJ Habibie, yakni Ilham Habibie dan Thareq Habibie Ilthabi Rekatama, memiliki kekayaan senilai US$ 250 juta dari beberapa perusahaan teknologi yang dimiliki oleh keluarga Habibie.

4.Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2001, Abdurrahman Wahid memiliki kekayaan sebesar Rp 3,49 miliar.

Kekayaan tersebut berasal dari properti tanah dan bangunan miliknya, transportasi, logam mulia, surat berharga, dan juga uang tunai.

5.Megawati Soekarnoputri

Megawati diyakini memiliki kekayaan mencapai Rp 96,16 miliar menurut LHKPN tahun 2014.

Dia memiliki aset berupa properti tanah dan bangunan senilai total Rp 36 miliar, transportasi senilai Rp 1 miliar, surat berharga senilai Rp 33 miliar, dan juga uang tunai senilai Rp 1 miliar.

6.Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Berdasarkan LHKPN tahun 2014, kekayaan SBY diketahui sebesar Rp 13,98 miliar.

Harta tersebut berasal dari berbagai sumber, termasuk transportasi senilai Rp 500 juta, properti tanah dan bangunan senilai Rp 5 miliar, serta uang tunai dan giro senilai Rp 6 miliar.

7.Joko Widodo (Jokowi)

Berdasarkan LHKPN, Joko Widodo (Jokowi) memiliki kekayaan senilai Rp 50,24 miliar. Kekayaan tersebut berasal dari berbagai sumber, mulai dari properti tanah, kendaraan, hingga aset bergerak lainnya.

Rincian kekayaan Jokowi mencakup 20 unit properti tanah dan bangunan senilai Rp 43,88 miliar, 12 unit kendaraan senilai Rp 1,08 miliar, serta aset bergerak lainnya senilai Rp 6,1 miliar. Dia juga memiliki catatan utang senilai Rp 1,19 miliar.

 

Sumber: CNBC Indonesia

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *