Teknologi

TV Pintar: 4 Perbedaan Antara Android TV dan Smart TV

77
×

TV Pintar: 4 Perbedaan Antara Android TV dan Smart TV

Sebarkan artikel ini
beda Android TV dan Smart TV/istimewa

PROGRES BENTENG– Televisi telah mengalami evolusi besar dengan munculnya berbagai jenis TV yang tersedia di pasaran saat ini. Dua di antaranya yang paling sering diperbincangkan adalah Android TV dan Smart TV.

Android TV secara teknis tergolong dalam kategori Smart TV, namun, pernyataan sebaliknya tidaklah benar.

Smart TV sendiri merupakan jenis televisi yang memungkinkan akses ke berbagai program tambahan melalui internet, mirip dengan menggunakan komputer yang terhubung ke internet untuk menonton acara televisi.

Di dalam Smart TV, terdapat sejumlah aplikasi bawaan yang mendukung kegiatan sehari-hari penggunanya. Mulai dari aplikasi streaming seperti Netflix dan YouTube hingga akses ke platform media sosial seperti Facebook.

Smart TV dapat menjalankan berbagai sistem operasi, sementara Android TV menggunakan OS Android yang didukung oleh Google.

Perbedaan utamanya terletak pada antarmuka yang disajikan, di mana Smart TV cenderung memiliki desain antarmuka yang ramah pengguna dan performa yang lebih cepat dibandingkan Android TV.

Namun, untuk menggunakan Android TV pada Smart TV, pengguna hanya perlu menambahkan perangkat seperti Chromecast.

Ada beberapa perbedaan kunci lainnya antara Smart TV dan Android TV yang perlu diperhatikan:

1.Program Aplikasi:

Android TV memiliki Android App Store yang menawarkan ribuan aplikasi yang dapat diakses dengan cara yang sama seperti menggunakan aplikasi di ponsel Android.

Sementara itu, Smart TV menggunakan sistem operasi lain seperti Tizen OS dan WebOS, yang memiliki dukungan aplikasi terbatas dan hanya menyediakan aplikasi bawaan yang terkenal.

2.Pembaruan Otomatis:

Android TV dapat melakukan pembaruan aplikasi secara otomatis asalkan terhubung dengan Wi-Fi, sementara pembaruan di Smart TV bisa sedikit lebih sulit untuk dilakukan.

3.Asisten Suara:

Android TV dilengkapi dengan Google Assistant yang memungkinkan pengalaman menonton yang lebih interaktif dengan kontrol suara untuk berpindah saluran atau program.

Sementara itu, Smart TV memerlukan perangkat tambahan seperti Alexa untuk mendapatkan fitur asisten suara.

4.Screen Mirroring dan Transmisi Layar:

Android TV mendukung fitur mirroring layar yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi langsung dari ponsel Android mereka ke TV.

Namun, fitur serupa pada Smart TV masih terbatas, memerlukan peralatan tambahan atau proyeksi khusus.

Dengan perbedaan-perbedaan tersebut, pilihan antara Android TV dan Smart TV menjadi lebih jelas sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing pengguna.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *