Teknologi

Daftar 10 HP Terlaris dan Populer di Indonesia

×

Daftar 10 HP Terlaris dan Populer di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Samsung Galaxy A13/istimewa

PROGRES BENTENG- Firma riset IDC merilis daftar smartphone paling laku di Indonesia sepanjang kuartal II-2023.

Transsion Group, perusahaan yang membawahi tiga merek yakni Infinix, Tecno, dan Itel, menjadi satu-satunya merek yang mengalami pertumbuhan positif secara tahunan.

Transsion mencatatkan pertumbuhan 12,3% secara year-on-year dan berada di peringkat kelima pada Q2-2023.

Sementara itu, Samsung masih menjadi raja smartphone tanah air. Pada kuartal II, raksasa teknologi Korea Selatan menjual 1,9 juta unit HP dengan pangsa pasar 20,8% dan mengalami pertumbuhan -3,4%.

Di belakang Samsung, terdapat Oppo yang menjual 1,6 juta unit dan pangsa pasar 17,6%. Perusahaan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya 19,8%.

Posisi ketiga dan keempat diisi Vivo dan Xiaomi. Kedua perusahaan menjual 1,5 juta unit dan 1,3 juta unit dalam periode yang sama.

Secara keseluruhan, pengapalan HP di Indonesia ambles 6,3% secara tahun-ke-tahun. Dalam jangka waktu tersebut, terdapat 8,9 juta unit yang dikapalkan.

Capaian tersebut turun dari tahun sebelumnya. Namun tetap bertumbuh dari kuartal I sebanyak 13,8%.

IDC juga menyinggung adopsi HP 5G di Indonesia. Pangsa pasar yang mayoritas berada di segmen premium turun 4,3% dan tren ini terus terjadi sejak 5G resmi masuk di Indonesia pada 2020.

Associate Market Analyst IDC Indonesia, Vanessa Aurelia menjelaskan masalah adopsi 5G itu terjadi karena adanya hambatan pada permintaan dan suplai. HP 5G juga harus menghadapi pangsa pasar yang lebih kecil dibandingkan ponsel 4G.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *