Politik

Bersiap Hadapi Israel? Iran dan Rusia Sepakati Pengiriman Jet Tempur Sukhoi dan Helikopter

109
×

Bersiap Hadapi Israel? Iran dan Rusia Sepakati Pengiriman Jet Tempur Sukhoi dan Helikopter

Sebarkan artikel ini
Jet tempur Sukhoi Su35/istimewa

PROGRES BENTENG–  Iran dan Rusia telah menyelesaikan pengaturan pengiriman jet tempur dan helikopter Sukhoi Su-35 buatan Rusia.

Hal ini dikonfirmasi oleh Wakil Menteri Pertahanan Iran, Mehdi Farahi, kepada kantor berita Tasnim pada Selasa (28/11/2023).

Pembelian alutsista ini dilakukan ketika Teheran dan Moskow menjalin hubungan militer yang lebih erat.

Sebelumnya, Teheran hanya memiliki beberapa lusin pesawat tempur, termasuk model-model tua AS yang diperoleh sebelum Revolusi tahun 1979.

“Rencana telah diselesaikan untuk jet tempur Sukhoi Su-35, helikopter serang Mil Mi-28, dan jet latih Yak-130 untuk bergabung dengan unit tempur Angkatan Darat Iran,” kata Wakil Menteri Pertahanan Iran dilansir dari Reuters.

Pada tahun 2018, Teheran mengatakan telah memulai produksi pesawat tempur Kowsar yang dirancang secara lokal untuk digunakan oleh angkatan udaranya.

Namun, pakar militer yakin jet tersebut adalah salinan dari F-5, yang pertama kali diproduksi di Amerika Serikat pada tahun 1960an.

Pembelian jet tempur dan helikopter dari Rusia ini diperkirakan akan meningkatkan kemampuan militer Iran, terutama dalam menghadapi ancaman Israel.

Sejak agresi militer IDF di jalur Gaza pada bulan Oktober lalu, ketegangan antara Iran dan Israel telah semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *