PeristiwaTeknologi

Viral di TikTok dan X, Apakah yang Akan Terjadi 23 November 2023?

90
perang dunia
Ilustrasi perang dunia (Dok. Progres.id)

PROGRES BENTENG – Berawal dari unggahan di media sosial TikTok dan platform X yang mengklaim bahwa perang dunia ketiga (PD 3) akan terjadi pada tanggal 23 November 2023, banyak perhatian tertuju pada prediksi ini.

Klaim ini muncul setelah Asisten Artificial Intelligence (AI) Amazon, Alexa, meramalkan pecahnya PD 3 dalam sebuah video rinci, menyatakan bahwa peristiwa tersebut akan dimulai pada 23 November 2023 pukul 18:05 dengan serangan Rusia terhadap Jerman, seperti yang dilaporkan oleh Daily Star pada 1 Februari 2023.

Namun, pernyataan ini menimbulkan keraguan di kalangan banyak pihak. Wakil Presiden Amazon Alexa, Steve Rabuchin, menegaskan bahwa jawaban Alexa dapat dipersonalisasi dan tidak memerlukan pengalaman membangun keterampilan atau pengkodean.

Dia mengungkapkan bahwa keluarganya bahkan dapat membuat keterampilan lelucon sendiri dengan mudah.

Penting untuk dicatat bahwa jawaban Alexa ini muncul setelah Ketua Komite Militer NATO, Rob Bauer, menyatakan kesiapan aliansi tersebut menghadapi konfrontasi Rusia terhadap Ukraina dan Eropa. Pada bulan Oktober 2023, perang antara Hamas-Israel kembali terjadi, membuat ramai kembali pernyataan AI Amazon, terutama karena sejumlah negara meminta Israel menghentikan agresinya terhadap Gaza untuk mencegah eskalasi perang.

Kesimpulannya, prediksi tanggal 23 November 2023 sebagai awal PD 3 hanyalah sebuah prediksi dari AI dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Meskipun demikian, situasi saat ini, terutama dengan perang Hamas-Israel, meningkatkan ketegangan dan potensi eskalasi konflik, terutama dengan campur tangan pihak-pihak eksternal, seperti Amerika Serikat.

Exit mobile version