Otomotif

Konsumsi Bensin Tinggi pada Mobil: Penyebab Mobil Boros Bensin dan Solusi Efektif Mengatasinya

6
×

Konsumsi Bensin Tinggi pada Mobil: Penyebab Mobil Boros Bensin dan Solusi Efektif Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
ilustrasi indikator bahan bakar/istimewa

PROGRES BENTENG– Penyebab mobil boros bensin dapat bervariasi. Jika Anda merasa bahwa konsumsi bensin kendaraan Anda tidak efisien, beberapa masalah yang akan kami sebutkan di artikel ini bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, mobil telah menjadi alat transportasi yang sangat penting bagi banyak orang. Namun, salah satu masalah yang kerap dialami oleh para pemilik mobil adalah konsumsi bahan bakar yang tidak efisien.

Saat mobil boros bensin, hal tersebut tidak hanya menyebabkan pengeluaran yang lebih besar untuk pembelian bahan bakar, namun juga bisa memberikan dampak negatif terhadap lingkungan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memahami apa saja penyebab mobil boros bensin. Dengan demikian, Anda bisa segera melakukan perbaikan sehingga konsumsi bahan bakar kendaraan kembali menjadi efisien.

Penyebab Mobil Boros Bensin

Berikut ini adalah beberapa masalah umum yang dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar mobil menjadi tidak efisien:

1.Ban kekurangan tekanan angin

Ban yang kekurangan tekanan angin membuat area kontak ban dengan jalan menjadi lebih besar. Ini menyebabkan peningkatan gesekan antara ban dan jalan sehingga mesin kendaraan harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan kecepatan mobil. Hal ini pada akhirnya dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar kendaraan Anda.

2.Menggunakan ban yang tidak sesuai standar

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan ban yang tidak sesuai standar juga bisa menjadi penyebab mobil boros bensin.

Alasannya adalah karena ban yang tidak sesuai spesifikasi pabrikan, baik dalam hal ukuran (diameter, lebar, dan rasio aspek) maupun bentuk, dapat menimbulkan hambatan gulir dan aerodinamika mobil.

Ban yang memiliki hambatan gulir yang tinggi akan menyebabkan tarikan berat pada mobil, sehingga mesin harus bekerja lebih keras untuk mengatasi hambatan tersebut. Kondisi inilah yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros.

3.Oli tidak diganti

Oli yang jarang diganti atau sudah terkontaminasi oleh kotoran, partikel logam, atau bahan-bahan lainnya akan kehilangan kemampuannya untuk melumasi mesin dengan baik.

Akibatnya, keausan komponen mesin dapat terjadi lebih cepat sehingga membuat beban pada mesin meningkat. Hal ini juga akan berpengaruh pada peningkatan konsumsi bahan bakar.

Oli yang kotor juga dapat menyebabkan penumpukan deposit di dalam mesin, termasuk di bagian-bagian yang bergerak seperti piston dan katup.

Hal ini dapat mengganggu pembakaran bahan bakar yang efisien dan mengurangi efisiensi mesin sehingga juga bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar.

4.Mengemudikan mobil secara agresif

Penyebab mobil boros bensin yang selanjutnya adalah mengendarai mobil secara agresif.

Perlu Anda ketahui bahwa ketika pengemudi menginjak pedal gas dengan tiba-tiba dan melakukan akselerasi yang agresif maka hal tersebut akan memaksa mesin untuk bekerja keras dalam waktu singkat.

Tindakan ini bisa membuat mesin mengonsumsi lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang diperlukan.

Selain itu, ketika pengemudi sering mengerem dengan keras, maka mesin harus kembali mengeluarkan banyak tenaga untuk mempercepat laju kendaraan. Hal ini juga bisa membuat konsumsi bensin menjadi boros.

5.Penggunaan bahan bakar yang tidak tepat

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil dapat mengganggu proses pembakaran dalam mesin.

Saat menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah daripada yang direkomendasikan pabrikan mobil, mesin dapat mengalami detonasi dini atau knocking.

Untuk mengatasi knocking, mesin akan mengatur ulang pengapian dan bahan bakar, yang sering kali mengakibatkan penurunan efisiensi pembakaran dan peningkatan konsumsi bahan bakar.

6.Mobil jarang mendapatkan perawatan

Mobil yang jarang diservis atau tidak mendapatkan perawatan yang tepat juga bisa menjadi penyebab mobil boros bensin.

Hal ini terjadi karena ada beberapa komponen yang jika tidak dirawat bisa memengaruhi efisiensi bahan bakar.

Sebagai contoh, busi yang rusak atau kotor dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna, mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar.

Contoh lain seperti ketika filter udara kotor atau tersumbat maka kondisi tersebut akan mengurangi aliran udara ke mesin.

Ini dapat mengganggu campuran udara-bahan bakar yang tepat dan memaksa mesin untuk bekerja lebih keras untuk mencapai kinerja yang baik.

7.Mobil sudah tua

Seiring bertambahnya usia, komponen-komponen dalam mesin mulai mengalami keausan dan penurunan kinerja.

Piston, cincin, dan katup yang sudah aus pada akhirnya bisa membuat proses pembakaran bahan bakar menjadi tidak sempurna sehingga akan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

8.Memforsir penggunaan AC

Sistem AC menggunakan kompresor yang ditenagai oleh mesin mobil. Ketika AC dihidupkan secara terus menerus pada suhu yang paling dingin, maka kompresor harus bekerja ekstra untuk mengompresi refrigeran dan mendinginkan udara.

Ini menambah beban pada mesin, sehingga mesin harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan daya yang diperlukan. Peningkatan beban mesin ini dapat membuat bensin jadi boros.

Cara Mengatasi Mobil yang Boros Bensin

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab mobil boros bensin, Anda bisa melakukan beberapa cara agar konsumsi bahan bakar kendaraan Anda menjadi lebih efisien. Berikut beberapa di antaranya:

1.Memberikan perawatan berkala

Lakukan servis kendaraan secara teratur sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen. Ini termasuk penggantian oli, filter udara, filter bahan bakar, dan penggantian busi. Selain itu, pastikan sistem bahan bakar berfungsi dengan baik.

2.Periksa tekanan angin pada ban

Pastikan tekanan angin ban sudah sesuai dengan rekomendasi produsen. Ingat, ban yang terlalu kempes atau terlalu keras dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.

3.Jangan mengemudi dengan agresif

Kemudikan kendaraan Anda dengan tenang dan santai seperti dengan melakukan akselerasi dan pengereman secara perlahan.

Selain itu, kemudikan kendaraan Anda dengan kecepatan yang stabil di jalan raya untuk membantu menghemat bahan bakar.

4.Gunakan AC dengan bijak dan hindari beban muatan berlebih

Gunakan sistem pendinginan udara (AC) dengan bijak. Selain itu, hindari membawa beban berlebihan atau barang yang tidak perlu di dalam kendaraan.

Berat tambahan juga akan memaksa mesin bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar.

5.Gunakan bahan bakar yang tepat

Pastikan Anda menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan dan berkualitas baik. Penggunaan bahan bakar yang berkualitas rendah dapat mengurangi efisiensi konsumsi bahan bakar.

Itulah beberapa penyebab mobil boros bensin yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui apa saja penyebabnya, maka Anda bisa segera melakukan langkah-langkah untuk memperbaikinya. Dengan demikian, Anda dapat menghemat bahan bakar dan pengeluaran Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *