Otomotif

Ini Wujud Mobil Khusus Pengangkut Amunisi Roket Astros Milik Indonesia

×

Ini Wujud Mobil Khusus Pengangkut Amunisi Roket Astros Milik Indonesia

Sebarkan artikel ini
kendaraan khusus pengangkut amunisi Roket Astros/ tniad.mil.id

PROGRES BENTENG– Pada Kamis, 5 Oktober 2023, beberapa alutsista TNI AD hasil penelitian dan pengembangan pertahanan (Litbanghan) Pusat Peralatan Angkatan Darat (Puspalad) turut ditampilkan pada Defile Alutsista TNI dalam rangka HUT ke-78 TNI di Silang Monas, Jakarta Pusat.

Salah satu alutsista yang ditampilkan adalah kendaraan khusus pengangkut amunisi roket Astros. Kendaraan ini merupakan hasil karya anak bangsa, dan merupakan produk dari kegiatan Litbanghan Puspalad.

Kendaraan ini memiliki keunggulan dalam mengatasi kesulitan pasukan artileri medan dalam kegiatan latihan dan pertempuran. Kendaraan ini didukung dengan kemampuan sistem penggerak roda 6 x 6 yang dapat mempermudah kendaraan melewati medan taktis maupun saat bermanuver.

tniad.mil.id

Kendaraan ini mengusung mesin berkapsitas 7800 CC dengan panjang kendaraan 11,5 meter, lebar 2,6 meter, dan tinggi 3,8 meter. Kendaraan ini mampu memuat 8 kontainer amunisi roket Astros dan dilengkapi dengan crane.

Selain itu, kendaraan ini juga dapat dimultifungsikan sebagai gudang amunisi lapangan untuk munisi kaliber kecil (KKK) dan munisi kaliber besar (MKB).

“Kendaraan ini dapat beroperasi selama 10 menit dan dilengkapi dengan outrigger yang dapat menyesuaikan pada saat medan off road,” ungkap Dirbinlitbang Puspalad Kolonel Cpl Teguh Gunandi S.E dilansir dari laman resmi tniad.mil.id.

Kehadiran kendaraan khusus pengangkut amunisi roket Astros ini merupakan wujud kemajuan teknologi pertahanan Indonesia. Kendaraan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan TNI AD dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

tniad.mil.id

Kendaraan khusus pengangkut amunisi roket Astros merupakan alutsista TNI AD yang memiliki keunggulan dalam mengatasi kesulitan pasukan artileri medan. Kendaraan ini merupakan hasil karya anak bangsa, dan merupakan wujud kemajuan teknologi pertahanan Indonesia.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *