IMOS 2023: Ajang Spektakuler Industri Sepeda Motor Indonesia

IMOS 2023/merdeka.com

PROGRES BENTENG– Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita secara resmi membuka pameran otomotif Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2023 yang diselenggarakan di Hall 10 ICE BSD, Tangerang, mulai dari tanggal 25 hingga 29 Oktober 2023.

Pameran yang saat ini dikenal sebagai IMOS+ telah disiapkan sebagai platform bagi industri sepeda motor untuk memamerkan teknologi terbaru mereka.

Agus Gumiwang berharap IMOS+ 2023 akan membantu meningkatkan pasar sepeda motor di Indonesia, termasuk pasar ekspor.

Agus berharap bahwa ekspor sepeda motor pada tahun 2023 dapat mencapai 743.000 unit.

“Terlepas dari sedang lemahnya daya beli pasar global saat ini, target itu menjadi tantangan bagi kita. Kita harus bisa mempertahankan angka kinerja ekspor kita,” kata Agus dalam sambutannya saat pembukaan IMOS+ 2023 pada hari Rabu, 25 Oktober 2023.

Wakil Ketua 1 Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sutarya, mengungkapkan bahwa pameran kali ini melibatkan 16 merek sepeda motor, termasuk sepeda motor listrik.

Ke-16 merek sepeda motor yang berpartisipasi dalam pameran IMOS+ 2023 mencakup Astra Honda Motor, Suzuki, Yamaha, Scomadi, Royal Enfield, serta merek sepeda motor listrik seperti Greentech, Gova EV, ALVA, Charged EV, Dhelvic, Ion Mobility, Selis, Kool EV, Lisgo, Polytron, dan Savart EV.

Industri pendukung lainnya yang turut berpartisipasi mencakup ban, pelumas mesin, suku cadang, aksesori, helm, dan pakaian berkendara.

AISI juga mencatat adanya pertumbuhan penjualan kendaraan roda dua setelah pandemi, serta industri aksesori, suku cadang, dan perlengkapan berkendara yang turut tampil dalam pameran ini.

“Penjualan kendaraan sepeda motor domestik sepanjang Januari hingga September 2023 telah mencapai sekitar 4,7 juta unit. Angka itu tumbuh sekitar 30,7% dibandingkan 2022 lalu,” ungkap Sutarya dikutip dari Berita satu.com.

Sutarya berharap bahwa pameran ini dapat mendorong penjualan sepeda motor dalam negeri mencapai 6 juta unit pada akhir tahun 2023, dan target ini juga mencakup sepeda motor listrik yang ekosistemnya telah mulai dibangun di Indonesia.

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *