Otomotif

Deretan Mobil Klasik Hemat Bahan Bakar, Berkendara ke Masa Lalu

Suzuki Carry 1.0/wikipedia

PROGRES BENTENG– Banyak pilihan mobil tua yang hemat bahan bakar dan memiliki biaya perawatan yang terjangkau. Jika Anda tertarik untuk mengetahui mobil-mobil tersebut, berikut informasi yang mungkin berguna bagi Anda.

Mobil tua yang hemat bahan bakar adalah jenis “mobil jadul” yang masih mampu memberikan efisiensi dalam pemakaian bahan bakar meskipun usianya sudah bertahun-tahun.

Mesin dan teknologi yang digunakan pada masa itu masih bisa menjaga konsumsi bahan bakar dengan baik, sehingga tidak akan menguras isi dompet Anda.

Berikut adalah beberapa rekomendasi mobil tua yang hemat bahan bakar dan memiliki biaya perawatan yang terjangkau:

1.BMW 325 E30

BMW 325 E30 adalah salah satu contoh mobil tua yang hemat bahan bakar dan memiliki biaya perawatan yang cukup terjangkau.

Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980-an dan memiliki rata-rata konsumsi bahan bakar sekitar 8-9 km per liter. Mesin BMW E30 dirancang dengan minimnya komponen tambahan, sehingga penggunaannya tetap efisien.
Dari segi perawatan, BMW E30 dianggap mudah dan ekonomis. Suku cadangnya juga masih tersedia luas di pasar dengan harga yang terjangkau.

Mobil ini tetap diminati karena mesinnya yang tangguh dan kemampuannya mencapai kecepatan tinggi.

2.Suzuki Esteem

Suzuki Esteem adalah contoh mobil tua lainnya yang hemat bahan bakar. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 dan memiliki dua variasi mesin, yaitu 1.300 cc dan 1.600 cc. Perawatan mesin Suzuki Esteem juga cukup mudah.

Efisiensi bahan bakarnya sangat mengesankan, dengan kemampuan mencapai 10-12 km per liter untuk perjalanan dalam kota dan 13-16 km per liter untuk perjalanan luar kota.

3.Daihatsu Espass

Daihatsu Espass juga termasuk dalam kategori mobil tua dengan konsumsi bahan bakar yang efisien dan biaya perawatan yang terjangkau.

Mesinnya berkapasitas 1.300 cc dengan teknologi suplai bahan bakar melalui karburator. Konsumsi bahan bakarnya mencapai sekitar 12 km per liter.

4.Suzuki Carry 1.0

Suzuki Carry 1.0, selain Suzuki Esteem, adalah salah satu mobil tua lain dari Suzuki yang hemat bahan bakar. Konsumsi bahan bakarnya mencapai sekitar 15 km per liter untuk perjalanan luar kota dan sekitar 13 km per liter untuk perjalanan dalam kota.

Mesinnya berkapasitas 970 cc dengan karburator yang terkenal tangguh dan biaya perawatan yang terjangkau. Suku cadangnya juga mudah ditemukan di pasaran.

5.Suzuki Katana 1.0

Suzuki Katana 1.0 adalah mobil tua yang juga hemat bahan bakar dan memiliki biaya perawatan yang terjangkau.

Mobil ini diminati banyak orang karena memiliki mesin tangguh berkapasitas 1.000 cc dan empat silinder. Suku cadangnya juga tersedia dengan harga yang terjangkau.

6.Peugeot 306

Mobil tua hemat bahan bakar berikutnya berasal dari Eropa, yaitu Peugeot 306. Mobil ini diproduksi sekitar tahun 1996 dan memiliki konsumsi sekitar 10 km per liter untuk perjalanan dalam kota dan 12 km per liter untuk perjalanan luar kota.

7.Toyota Starlet

Toyota Starlet memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Angka konsumsi bahan bakarnya berkisar antara 10-13 km per liter.

Selain hemat bahan bakar, Toyota Starlet juga memiliki biaya perawatan yang terjangkau karena suku cadangnya dijual dengan harga yang bersahabat.

Di Indonesia, Toyota Starlet hadir dengan dua opsi mesin, yaitu 1.000 cc dengan empat silinder dan 1.300 cc dengan empat silinder.

8.Toyota All New Corolla

Mobil tua hemat bahan bakar lainnya adalah Toyota All New Corolla yang diproduksi sekitar tahun 1995. Penggunaannya dapat mencapai angka sekitar 14 km per liter untuk perjalanan luar kota. Untuk perjalanan dalam kota, konsumsi bahan bakarnya lebih rendah.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil tua, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan.

Ini termasuk menetapkan anggaran sesuai dengan kemampuan finansial Anda, melakukan riset tentang merek dan model yang Anda minati, memeriksa kondisi fisik mobil, memeriksa mesin dan performanya, mempertimbangkan ketersediaan suku cadang, serta memastikan dokumen kendaraan lengkap dan tidak ada masalah hukum terkait mobil tersebut.

Jika Anda tertarik membeli mobil klasik, rekomendasi mobil tua hemat bahan bakar yang telah disebutkan di atas bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, tetaplah melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan bahwa mobil tua yang Anda pilih memiliki performa yang baik.

Exit mobile version