Edukasi

Mengenal Sejarah 22 Desember sebagai Hari Ibu, Ini Kisahnya!

×

Mengenal Sejarah 22 Desember sebagai Hari Ibu, Ini Kisahnya!

Sebarkan artikel ini
kongres perempuan di bandung/istimewa

PROGRES BENTENG– Sejarah Peringatan Hari Ibu di Indonesia adalah perjalanan inspiratif yang merayakan peran dan kontribusi luar biasa para perempuan dalam membangun bangsa.

Tanggal 22 Desember bukan sekadar tanggal biasa, melainkan momentum penting yang mengingatkan kita akan keberanian, semangat, dan kesatuan kaum perempuan Indonesia dalam mencapai cita-cita bersama.

Semuanya dimulai pada Kongres Perempuan Indonesia perdana di Yogyakarta pada 22 Desember 1928.

Saat itu, semangat kebangsaan berkobar di kalangan pemuda pejuang yang tergabung dalam berbagai organisasi. Namun, perempuan juga turut serta aktif dalam perjuangan kemerdekaan.

Pada Kongres tersebut, perempuan pejuang kemerdekaan menjalankan peran penting dengan mendirikan Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI), sebuah langkah monumental menuju kesatuan semangat perempuan dan laki-laki dalam perjuangan meraih kemerdekaan.

Mereka tak hanya berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, tetapi juga untuk meningkatkan posisi perempuan dalam masyarakat.

Evolusi nama organisasi dari PPPI menjadi Perikatan Perkoempoelan Istri Indonesia (PPII) pada tahun 1929, dan kemudian Kongres Perempuan Indonesia II pada tahun 1935 di Jakarta, menandai perjalanan yang meneguhkan peran perempuan sebagai ‘Ibu Bangsa’.

Mereka dipandang sebagai penjaga dan pendidik generasi baru yang lebih cinta tanah air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *