Edukasi

Gunakan Smartphone Jangan Berlebihan! Ini Batasan Waktu yang Ideal Penggunaan Smartphone untuk Anak-Anak 

27
×

Gunakan Smartphone Jangan Berlebihan! Ini Batasan Waktu yang Ideal Penggunaan Smartphone untuk Anak-Anak 

Sebarkan artikel ini
ilustrasi/istimewa

PROGRES BENTENG- Di era digital ini, penggunaan smartphone sudah menjadi hal yang lumrah, bahkan untuk anak-anak. Namun, penggunaan smartphone yang berlebihan dapat berdampak negatif bagi kesehatan anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk membatasi waktu penggunaan smartphone anak.

Berapa jam waktu ideal anak menggunakan smartphone? Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), anak usia di bawah 2 tahun sebaiknya sama sekali tidak diberi akses pada gadget. Jika benar-benar diperlukan, anak usia di atas 1,5 tahun dapat mengakses gadget selama 30 menit per hari.

Sementara itu, anak usia 2-5 tahun disarankan menggunakan gadget selama maksimal 1 jam per hari. Anak usia 6-12 tahun disarankan menggunakan gadget selama maksimal 2 jam per hari. Sedangkan, untuk anak usia 13-18 tahun, disarankan menggunakan gadget selama maksimal 3 jam per hari.

Batasan waktu penggunaan smartphone ini penting untuk dipatuhi agar anak tidak mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti:

  • Gangguan penglihatan. Terlalu lama menatap layar smartphone dapat menyebabkan mata lelah, mata kering, dan bahkan rabun jauh.
  • Gangguan tidur. Cahaya biru yang dihasilkan oleh layar smartphone dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur.
  • Kegemukan. Anak yang terlalu sering menggunakan smartphone cenderung kurang aktif dan lebih banyak mengonsumsi makanan ringan.
  • Gangguan perilaku. Anak yang terlalu sering menggunakan smartphone cenderung lebih agresif, impulsif, dan sulit berkonsentrasi.

Selain membatasi waktu penggunaan smartphone, orang tua juga perlu memperhatikan konten yang dikonsumsi anak saat menggunakan smartphone. Pastikan anak hanya mengakses konten yang positif dan edukatif.

Berikut adalah beberapa tips untuk membatasi waktu penggunaan smartphone anak:

  • Buatlah aturan penggunaan smartphone yang jelas dan tegas. Ajarkan anak bahwa menggunakan smartphone adalah hak istimewa, bukan kewajiban.
  • Jadilah contoh yang baik. Jangan biarkan anak melihat Anda menggunakan smartphone terlalu lama.
  • Buatlah aktivitas lain yang menarik bagi anak. Ajak anak bermain di luar ruangan, membaca buku, atau melakukan kegiatan lainnya.

Dengan membatasi waktu penggunaan smartphone dan memberikan pengawasan yang ketat, orang tua dapat membantu anak-anak tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *