Edukasi

Awas Jangan Salah! Gunung Merapi vs Gunung Marapi: Apa Bedanya?

Penampakan Erupsi Gunung Marapi /istimewa

PROGRES BENTENG- Gunung adalah salah satu keajaiban alam yang kerap menarik perhatian kita. Dari seberkas kabar tentang Gunung Marapi yang terletak di Sumatera Barat, mungkin ada yang merasa bingung dengan perbedaannya dibanding Gunung Merapi yang sangat terkenal di Jawa Tengah dan DIY.

Gunung Marapi terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar dengan ketinggian 2.891 meter dari permukaan laut, Gunung Marapi saat ini meletus sekitar pukul 14.53 WIB, pada Minggu (03/12/2023).

Tak perlu panjang lebar, sekarang mari kita pecahkan kebingungan ini dengan melihat perbedaan antara keduanya:

1. Lokasi Geografis

Gunung Merapi, yang sangat terkenal, berada di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Namun, Gunung Marapi berada di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat. Jadi, satu berada di Pulau Jawa, sementara yang lainnya di Sumatera.

2. Aktivitas Erupsi dan Status Siaga

Gunung Merapi saat ini berada dalam status Siaga Level III, menandakan peningkatan aktivitas yang terpantau secara visual dan instrumental.

Di sisi lain, Gunung Marapi berstatus Waspada Level II. Bahkan, baru-baru ini Gunung Marapi mengalami erupsi yang mempengaruhi beberapa daerah di sekitarnya.

3. Ketinggian

Kedua gunung ini memiliki perbedaan ketinggian yang cukup dekat. Gunung Merapi mencapai 2.968 mdpl sementara Gunung Marapi memiliki ketinggian 2.891 mdpl. Jarak ketinggian keduanya hanya terpaut 77 mdpl.

4. Kegiatan Pendakian

Pendakian Gunung Merapi telah dilarang sejak November 2020 karena statusnya yang meningkat menjadi Level III Siaga.

Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan pendaki. Di sisi lain, Gunung Marapi belum memiliki larangan pendakian meskipun baru-baru ini mengalami erupsi. Bahkan, saat erupsi terjadi, masih ada 70 pendaki yang berada di puncak Gunung Marapi.

Dengan memahami perbedaan antara keduanya, semoga tidak lagi ada kebingungan. Dua gunung ini mungkin memiliki nama yang mirip, tetapi perbedaan signifikan dalam lokasi, aktivitas, dan kebijakan pendakian menjadi pembeda utama di antara keduanya.

Semoga, pengetahuan ini membantu kita untuk lebih memahami pesona dan keunikan dari setiap gunung yang ada di Indonesia.

 

 

 

Exit mobile version