Edukasi

10 Negara dengan Penduduk yang Paling Sedikit dan Memiliki Wilayah Terkecil di Dunia

125
×

10 Negara dengan Penduduk yang Paling Sedikit dan Memiliki Wilayah Terkecil di Dunia

Sebarkan artikel ini
Vatikan/istimewa

PROGRES BENTENG– Negara-negara dengan ukuran terkecil di dunia dapat diukur berdasarkan luas wilayahnya atau jumlah populasi penduduknya.

Sejumlah negara, seperti Vatikan hingga Monako, termasuk dalam kategori negara-negara terkecil dan memiliki luas yang relatif kecil. Berikut adalah gambaran tentang seberapa luas dan seberapa sedikit penduduknya.

Ukuran Berdasarkan Luas Wilayah

Luas total suatu negara dihitung berdasarkan seberapa besar wilayahnya, baik daratan maupun perairan, yang dicakup oleh batas-batas negara tersebut. Biasanya, pengukuran ini dinyatakan dalam mil persegi atau kilometer persegi.

Negara dengan Wilayah Terkecil

Vatikan, dengan luas wilayah hanya sebesar 0,19 mil persegi atau 0,49 kilometer persegi, merupakan negara dengan luas terkecil di dunia.

Negara dengan Populasi Paling Sedikit

Selain memiliki luas wilayah terkecil, Vatikan juga memegang peringkat sebagai negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia, hanya sekitar 800 jiwa.

Diikuti oleh Nauru dengan 10.876 penduduk dan Tuvalu dengan 11.931 penduduk, berikut adalah daftar lengkap negara-negara terkecil berdasarkan populasi (data tahun 2021).

10 Negara Terkecil di Dunia Berdasarkan Populasi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *