Serius Jadikan Destinasi Wisata, Pemkab Benteng Optimalkan Potensi Tahura Rajo Lelo

Januari 13, 2020
Featured Lingkungan 0   193 views 0
Tahura Rajo Lelo

Para pejabat Dinas Pariwisata dan DLH beserta Kapolres Benteng berbincang di Tahura Rajo Lelo (Foto: Hendri/PROGRES.ID)

BENTENG, PROGRES.ID –  Pemkab Bengkulu Tengah (Benteng) serius menggarap Taman Hutan Raya (Tahura) Rajo Lelo di Desa Tanjung Terdana Kecamatan Pondok Kubang yang selama ini “terabaikan” menjadi salah satu destinasi wisata unggulan.

Pemkab Benteng menempatkan dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni Dinas Pariwisata dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengurus tahura ini. Pemkab Benteng akan terus mengembangkan kawasan ini menjadi tiga area, yakni area konservasi, budidaya dan area penelitian.

Sekretaris Daerah Pemkab Benteng, Edy Hermansyah menuturkan, di kawasan konservasi akan tersedia berbagai jenis tumbuhan yang biasa tumbuh di Provinsi Bengkulu. Kemudian, lahan budidaya adalah lokasi pembibitan dan pembudidayaan tanaman.

“Kita buat tiga area, ada area konservasi, penelitian dan budidaya. Kita harapkan Tahura ini menjadi lokasi edukasi  bagi pengunjung dan sekaligus menjaga ekosistem hutan,” terang Edy.

Untuk diketahui,  Tahura Rajo Lelo ini pada tahun 1995 memiliki luas 1.000 hektare lebih. Namun seiring waktu, luas wilayah hutan semakin berkurang karena dirambah oleh warga hingga hanya menyisahkan 152 hektar saja. Rencananya Pemkab Benteng  akan melibatkan sejumlah pihak untuk melakukan pemulihan Tahura.(hdn)

Perkembangan Covid-19 di Provinsi Bengkulu

TOTAL POSITIF

1.087

ORANG

Positif

TOTAL SEMBUH

833

ORANG

Positif

TOTAL MENINGGAL

52

ORANG

Positif

Sumber Data: Kementerian Kesehatan & JHU melalui API Kawal Corona Baca disini untuk pasang di WordPress

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *