Sebut Kebijakan Pemdes, Ada Warga Desa Mengaku Akan Menerima BLT Hanya Rp 80 Ribu

Mei 6, 2020
Featured Hukum dan Kriminal 1   157 views 0
Ilustrasi uang

Ilustrasi

BENTENG, PROGRES.ID – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Bengkulu Tengah dikeluhkan sebagian warga. Di Desa Pondok Kelapa Kecamatan Pondok Kelapa salah satunya.  Per Kepala Keluarga (KK) dikabarkan hanya akan menerima Rp 80 Ribu saja.

Saat ini warga sudah membuka rekening bank perkelompok dengan jumlah perkelompoknya 7 KK difasilitasi Pemerintah Desa (Pemdes).

“Kami saat ini tengah mengurus pembuatan buku rekening per kelompok. Jumlah BLT yang akan diterima Rp 600 Ribu per KK namun akan dibagi untuk 7 KK,” jelas salah seorang warga Desa Pondok Kelapa.

Kebijakan itu diambil Pemdes karena disebut penerima BLT Covid-19 cukup banyak dan harus mendapat bantuan semua.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bengkulu Tengah Tomi Marisi telah menjelaskan terkait mekanisme pembagian BLT Desa itu. Menurut Tomi, sesuai Peraturan Menteri Desa Nomor 6 tahun 2020, BLT DD wajib diberikan dengan jumlah Rp 600.000/KK per bulan selama tiga bulan di luar masyarakat yang mendapat bantuan sosial dari Dinas Sosial (Dinsos) seperti PKH.

“Sesuai Peraturan Menteri Desa, BLT DD diberikan per KK di luar mereka yang telah mendapatkan bantuan PKH atau bantuan sosial dari Dinsos,” tegas Tomi.

Hingga saat ini Kepala Desa Pondok Kelapa belum bisa dikonfirmasi terkait keluhan warga tersebut.(hdn)

Perkembangan Covid-19 di Provinsi Bengkulu

TOTAL POSITIF

1.087

ORANG

Positif

TOTAL SEMBUH

833

ORANG

Positif

TOTAL MENINGGAL

52

ORANG

Positif

Sumber Data: Kementerian Kesehatan & JHU melalui API Kawal Corona Baca disini untuk pasang di WordPress

Komentar Facebook

One Comment

Rini

Emang benar adanya sperti itu bpk ibu pemerintah Bengkulu,, kami masyarakat pondok klpa minta krjelasan yg sebenarnya bukan kah bpk jokowi sudah menerngkan bahwa uang yg di cair kan itu 600 rb per kk tapi kenytaan nya di pd kelpa 600 rb di bagi 7,,, mohon bantuannya n kejelasannya,,

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *