Kerjakan Proyek Tol Bengkulu-Linggau, PT HKI Didemo, Satu Tuntutannya Disetujui

Desember 30, 2020
Featured Peristiwa 0   120 views 0
Demo warga

Warga menggelar demonstrasi menuntut agar dipekerjakan di proyek pembangunan tol (Foto: Hendri/PROGRES.ID)

BENTENG, PROGRES. ID – Puluhan massa yang mengatasnamakan Barisan Masyarakat Menggugat (BMM) mendatangi kantor PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) di Desa Tengah Padang Bengkulu Tengah.

Dalam orasinya, massa BMM meminta perusahaan yang tengah mengerjakan proyek Tol Bengkulu- Lubuk Linggau ini bersikap transparan dalam setiap pekerjaan yang menggunakan uang negara. Massa meminta agar PT HKI mengumumkan dan mempertanggungjawabkan penjualan kayu yang sudah diganti rugi negara.

BMM juga meminta PT HKI membuka data terkait ganti rugi tanam tumbuh karena mereka menyebut telah terjadi praktik korupsi kolusi dan nepotisme. Selanjutnya massa juga mendesak agar warga dua desa, yakni Desa Dusun Baru 2 dan Desa Karang Tinggi dipekerjakan dalam kegiatan proyek tol.

Aksi yang mendapat pengawalan Kepolisian tersebut terhenti, setelah perwakilan massa diterima masuk oleh pihak perusahaan. Dalam mediasi yang berlangsung alot tersebut pihak perusahaan berjanji akan memenuhi sebagian tuntutan massa. Diantaranya akan mempekerjakan masyarakat di dua desa tersebut.

Koordinator aksi M. Asromi mengatakan, dari hasil kesepakatan pihak perusahaan menyanggupi beberapa tuntutan. Diantaranya akan mempekerjakan masyarakat Desa Dusun Baru 2 dan Desa Karang Tinggi.

“Alhamdulilah ya, semoga masyarakat khususnya Desa Dusun Baru 2 dan Desa Karang Tinggi punya kesempatan untuk berkarya, serta mencari isi perut atau untuk makan,” ungkap Romi.

Sementara, pihak perusahaan mengaku hanya bisa memenuhi sebagian tuntutan, diantaranya akan mempekerjakan masyarakat sesuai tuntutan massa, namun terkait jual beli kayu pihak perusahaan menyebut bukan ranah mereka.

“Sah-sah saja masyarakat menyampaikan aspirasinya, dari kita juga menampung aspirasi tersebut. Untuk masyarakat Karang Tinggi sebenarnya sudah ada yang dipekerjakan, namun kalau untuk Desa Dusun Baru 2 memang belum ada, karena desa tersebut tidak termasuk dalam akses tol. Tapi kendaraan kami mungkin ada yang lewat jadi wajar-wajar saja. Tapi harapan kami tidak harus demo seperti ini,” jelas Humas dan Legal PT HKI. (hdn)

Perkembangan Covid-19 di Provinsi Bengkulu

TOTAL POSITIF

6.630

ORANG

Positif

TOTAL SEMBUH

5.743

ORANG

Positif

TOTAL MENINGGAL

172

ORANG

Positif

Sumber Data: Kementerian Kesehatan & JHU melalui API Kawal Corona Baca disini untuk pasang di WordPress

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *