Jelang Kedatangan Presiden, Bupati Benteng Sampaikan Aspirasi Warga Soal Ganti Rugi Lahan Tol

Februari 4, 2020
Featured Pemerintahan 0   118 views 0
Ferry Ramli

Bupati Ferry Ramli menyampaikan aspirasi warga soal ganti rugi lahan tol kepada Pemprov Bengkulu (Foto: Hendry/PROGRES.ID)

BENGKULU, PROGRES.ID – Menjelang kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Bengkulu 5 Februari 2020, Pemkab Bengkulu Tengah (Benteng) melakukan audiensi dengan Pemprov Bengkulu terkait aspirasi masyarakat terkait pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau yang melalui kawasan Benteng.

Pada audiensi yang digelar Rabu (03/02/2020) di ruang rapat Kantor Gubernur Bengkulu itu, Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri  yang mewakili Gubernur Bengkulu mengakan akan menyampaikan perihal itu kepada presiden.

Anggota DPRD Benteng Evi Susanti menuturkan, sejauh ini warga yang lahannya terimbas rencana pembangunan tol mengaku ganti rugi yang ditawarkan belum setimpal.

“Masyarakat meminta kejelasan tentang ganti rugi dari dampak pembangunan jalan tol. Masyarakat ingin biaya ganti ruginya mendekati daerah tetangga seperti Empat Lawang dan Lampung. Apa yang diinginkan masyarakat yaitu ganti rugi yang setara atau mendekati dengan daerah-daerah tetangga,” ungkap Evi Susanti.

Audiensi soal tol

Rapat audiensi Pemkab Benteng dan Pemprov Bengkulu terkait tol Bengkulu-Linggau yang melalui Kabupaten Benteng (Foto: Hendri/PROGRES.ID)

Dari bebarapa kawasan yang akan dilalui pembangunan tol, lanjut Evi, ada bebarapa warga belum menyetujui ganti rugi. Ketidaksamaan nilai ganti rugi menjadi alasan utama. Selain itu, juga ada kawasan yang akan dibangun jalan tol belum bisa diakses karena murupakan habitat binatang buas, sehingga masih perlu koordinasi dengan BKSDA.

Sekda Benteng Edy Hermansyah mengatakan, perlu dibentuk tim khusus yang bisa bekerjasama untuk berkoordinasi terkait ganti untung tersebut. Ia juga mengharapkan ada pengajian ulang terkait Peraturan Gubernur (Pergub) Bengkulu tahun 2016 tentang tanam tumbuh.

“Karena Undang-undang ialah rambu-rambu, maka masyarakat perlu kejelasan harga ganti rugi,” ungkap Edy Hermansyah.

Dalam Kesempatan itu Bupati Benteng Ferry Ramli menyampaikan, audiensi ini berlangsung dengan baik dan mengharapkan hasil audiensi itu dapat direalisasikan.

“Kami mengimbau jangan sampai saat berkunjungnya Presiden Jokowi pada 5 Februari besok, ada hal-hal yang tidak kita inginkan, mari kita jaga bersama nama baik Kabupaten Bengkulu Tengah dan juga Provinsi Bengkulu” tutup Bupati Ferry.(hdn)

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *