Pelestari Penyu Lepas Ratusan Bayi Penyu di Laut Pondok Kelapa

Juni 14, 2019
Lingkungan 0   272 views 0
Pelepasan tukik

Pelepasan tukik di Pantai Desa Pekik Nyaring, Pondok Kepala (Foto: Hendry/PROGRES.ID)

PROGRES.ID, BENTENG – Setidaknya 300 bayi penyu atau tukik dilepas ke habitatnya di laut lepas kawasan Pantai Pondok Kelapa Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah (Benteng), Jumat (14/6/2019).

Sebelumnya, tukik-tukik itu ditetaskan di penangkaran di Desa Pekik Nyaring. Penangkaran penyu ini didirikan oleh pencinta penyu pada tahun 2015. Seiring waktu, penangkaran bernama Alun Utara ini terus berkembang. Sudah ribuan tukik berhasil dilepasliarkan di perairan laut Pekik Nyaring.

Ketua Kelompok Pelestari Penyu Alun Utara Zulkanedi mengatakan, awal mendirikan penangkaran telur penyu bermula dari kecintaannya dengan satwa laut itu. Kemudian ia termotivasi untuk melestarikan keberadaannya dari kepunahan.

“Awalnya saya amati kawasan kami ini kerap dijadikan penyu untuk mendarat dan bertelur. Saat itu banyak sekali penyu dan telurnya diambil untuk dikonsumsi oleh warga. Karena saya tahu kalau penyu ini dilindungi, lalu saya bersama teman-teman mencoba melestarikan penyu dengan membuat tempat penangkaran penyu yang kami beri nama Alun Utara,” jelasnya.

Pantauan jurnalis Progres Benteng, pada seremoni melepasliarkan tukik itu dihadiri perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, Kantor Pajak Pratama, Bank Bengkulu dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Bengkulu Tengah (Benteng).(hdn)

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *