Tahun Baru, Jual dan Nyalakan Petasan Akan Ditangkap Polisi

Desember 26, 2017
Hukum dan Kriminal 0   135 views 0

PROGRES.ID, BENTENG – Dalam rangka mengantisipasi peredaran petasan pada malam pergantian tahun, Kepolisian Resor Bengkulu Utara mengimbau masyarakat di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) untuk tidak memproduksi, memperdagangkan dan menyalakan mercon atau petasan.

“Kami akan menindak tegas kepada siapa saja yang melanggar aturan itu,” tegas Kasat Reskrim AKP Jufri, Selasa (26/12/2017).

Jufri mengatakan, tindakan tegas yang akan diterapkan, yakni dengan menangkap penjual, pengguna petasan dan menyita serta memusnahkan benda yang disulut mampu mengeluarkan bunyi ledakan.

“Tindakan tegas tersebut kami lakukan sesuai Undang-undang Darurat No 12 Tahun 1951 tentang bunga api, di dalamnya sangat jelas disebutkan, mana benda yang boleh dan mana benda yang tidak boleh diledakkan,” lanjutnya.

Menurut Jufri, ada empat hal yang menyebabkan petasan dilarang. Pertama karena dapat membahayakan keselamatan jiwa,  kedua dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan diri sendiri dan orang lain, ketiga karena dapat menimbulkan bahaya kebakaran, kemudian dapat menjadi pemicu terjadinya tawuran warga, perkelahian, keributan, serta dinilai menganggu ketertiban umum.

“Segala jenis petasan dilarang karena menghasilkan bunyi ledakan. Kecuali kembang api, selagi itu bukan kembang api yang menghasilkan ledakan karena yang membuat warga terganggu itu adalah bunyinya. Kalau hanya sekadar kembang api dan tidak meledak tidak dilarang untuk diperjualbelikan,” sampainya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat dapat proaktif ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Khususnya kepada orang tua kami ingatkan agar melarang anak-anaknya membunyikan petasan menjelang dan pada saat malam pergantian tahun nanti,” pungkas Jufri.(hdn)

Perkembangan Covid-19 di Provinsi Bengkulu

TOTAL POSITIF

1.087

ORANG

Positif

TOTAL SEMBUH

833

ORANG

Positif

TOTAL MENINGGAL

52

ORANG

Positif

Sumber Data: Kementerian Kesehatan & JHU melalui API Kawal Corona Baca disini untuk pasang di WordPress

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *