Soal Pencairan DD Tahap II, Hartanto: Saya Sudah Serahkan ke Pemkab Benteng

Desember 8, 2016
Hukum dan Kriminal 0   177 views 0

PROGRES.ID, BENTENG – Sejak Camat Karang Tinggi menolak menandatangani APBDes P Desa Taba Terunjam,dengan alasan belum ditandatangani dari Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Taba Terunjam, Kepala Desa (Kades) Hartanto mengaku sudah pasrah mengupayakan pencairan Dana Desa(DD) tahap II tersebut. Ia mengaku telah menyerahkan urusan itu sepenuhnya kepada Pemerintah Kabupaten Benteng.

“Upaya mediasi yang ke camat sudah dilakukan dan tidak membuahkan hasil, Ketua BPD tetap menolak untuk menandatangani APBDes P ini. Camat juga tak berpihak pada kami, jadi saya harus gimana lagi? Padahal surat pernyataan warga sudah ada,” ujar Hartanto.

Ia menambahkan, pencairan dana desa tahap II tersebut sebenarnya sangat diharapkan warga, mengingat rencana pembangunan sudah disiapkan dan telah berdasarkan kesepakatan bersama.

“Jujur saya selaku kades sudah cukup berusaha, namun kalau sudah seperti ini apa boleh buat, buktinya camat sendiri selaku atasan kami tidak juga bisa membantu masalah kami di desa,” jelasnya.

Bakangan diketahui masalah yang ada di Desa Taba Terunjam ini muncul pada saat pergantian perangkat desa yang dilakukan sang kades. Seiring waktu pelantikan perangkat desa tersebut ternyata ditolak oleh para perangkat desa yang lama, dengan alasan pencabutan SK mereka cacat hukum. Namun, sang kades mengklaim yang dilakukannya sudah sesuai aturan dan sudah melakukan tahapan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) yang ada.

Sudah Koordinasi ke Pakar Hukum Tata Negara

Ia menjelaskan juga bahwa perangkat desa yang lama sudah dibubarkan oleh PJS Kades sebelumnya. Terkait masalah itu, Hartanto bahkan sudah berkonsultasi dengan pakar hukum tata negara.

“Saya sudah berkoordinasi juga kepada pakar hukum ilmu tata negara terkait masalah ini. Jawabannya apa yang saya lakukan sudah sesuai aturan, tapi kini justru saya diadu domba dengan BPD saya sendiri. Ya, saya harus bagaimana, Ketua BPD saya temui juga menghindar saat ini,” tandasnya.(hdn)

Perkembangan Covid-19 di Provinsi Bengkulu

TOTAL POSITIF

2.038

ORANG

Positif

TOTAL SEMBUH

1.533

ORANG

Positif

TOTAL MENINGGAL

85

ORANG

Positif

Sumber Data: Kementerian Kesehatan & JHU melalui API Kawal Corona Baca disini untuk pasang di WordPress

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *