8 Warga Terinfeksi DBD, Dinkes Tak Mampu Fogging, Warga Swadaya

Maret 23, 2019
Featured Kesehatan 0   167 views 0
nyamuk aedes aegyti

Ilustrasi: Istimewa/PROGRES BENTENG

PROGRES.ID, BENTENG – Wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) saat ini menimpa delapan warga Desa Karang Tinggi, Kecamatan Karang Tinggi. Bahkan, lima orang diantaranya masih dirawat di RSUD Bengkulu Tengah (Benteng).

Mereka yang terjangkit (suspect) DBD ini adalah remaja dan orang dewasa. DBD mulai menjangkiti warga di Karang Tinggi sejak awal tahun hingga bulan lalu. Bahkan ada yang harus bolak balik masuk masuk rumah sakit.

“Parahnya lagi, satu minggu terakhir ini sudah ada lima warga kami terkena terjangkit dan masih dirawat,” ujar Plt Kades Karang Tinggi, Toni Epriadi.

Dikatakan Toni, Pemerintah Desa sudah melaporkan perihal itu ke Puskesmas setempat. Namun, langkah tindaklanjut seperti pengasapan atau fogging tak bisa dilakukan dengan alasan tidak adanya anggaran.

“Kami sudah lapor ke puskesmas dan kirim surat ke dinas. Tapi mereka mengaku tidak ada anggarannya,” jelas Toni.

Toni menyampaikan, atas dasar inisiatif bersama, akhirnya disepakati untuk melaksanakan swadaya agar bisa terlaksana untuk melakukan fogging. Dengan diminta bantuan dinas maupun puskesmas yang telah memiliki alat.

“Paling lambat minggu depan kita akan swadana untuk fogging. Hal ini tidak bisa dibiarkan berlarut, karena akan merambah ke masyarakat lainnya,”ungkap Toni.(hdn)

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *