Hadapi UN Tanpa Dana BOS, Banyak Sekolah Ngutang

Februari 27, 2018
Edukasi Featured 0   11 views 0

PROGRES.ID, BENTENG – Hampir Setiap Tahun setiap memasuki Ujian Nasional (UN) hampir seluruh sekolah pasti dihadapkan dengan masalah Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) yang telat cair.

Seperti yang dialami Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kabupaten Bengkulu Tengah ini. Demi menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini sekolah ini terpaksa mencari dana pinjaman dari luar sekolah.

Dana pinjaman tersebut diperuntukkan untuk operasional penyelenggaraan ujian nanti. Kepala SMK Negeri 2 Benteng Arif Rahman Paksi menuturkan, operasional dalam menghadapi UN sebenarnya tergantung pada BOS, namun sayang sampai saat ini dana yang diharapkan tak kunjung cair, padahal pelaksanaan UN sudah dekat.

“Untuk menutupi kebutuhan dalam menunjang pelaksanaan ujian, kita dari sekolah terpaksa akan meminjam dana dari luar sekolah, apa lagi kalau mengharap dana dari siswa sulit karena siswa di sini rata-rata ekonomi bawah,” ungkap Arif.

Ia berharap sebelum pelaksanaan UN, dana BOS sudah bisa disalurkan untuk triwulan pertama.

“Kami harap dana BOS bisa cair sebelum UN dimulai,” harapnya.

Arif menyebutkan, pada UNBK di SMKN 2 Benteng tahun ini akan diikuti oleh 118 peserta. Pelaksanaan UNBK ini dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 2-5 April 2018.(hdn)

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *