Di Desa Padang Kedeper, Nabung Sampah Bisa Jadi Uang

91
bank sampah
Selain membantu mengurangi sampah, bank sampah bisa menjadi sumber investasi tahunan | Foto: Hendri Dunan/PROGRES BENTENG

PROGRES.ID, BENTENG – Jika biasanya sampah hanya dibuang dan kadang menjadi masalah lingkungan. Namun lain halnya bagi warga Desa Padang Kedeper Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Di desa ini, sampah bisa dijadikan sumber uang yang hasilnya bisa dinikmati setahun sekali melalui bank sampah.

Sejak sebulan terakhir warga Desa Padang Kedeper tidak lagi membuang sampah di tempat pembuangan sampah. Sampah-sampah ini justru mereka kumpulkan di suatu tempat yang mereka beri nama bank sampah. Mulai dari sampah plastik hingga sampah rumah tangga dikumpulkan di bank ini.

Untuk sampah yang memiliki nilai jual seperti sampah plastik, besi dan lainnya, akan ditimbang dan nilai nominalnya dapat diambil satu tahun sekali.

Sementara untuk sampah rumah tangga seperti bekas sayur mayur akan mereka kelola untuk dijadikan kompos dan pupuk tanaman. Kepala Desa (Kades) Padang Kedeper Suparto mengaku dengan bank sampah, warga bisa menabung sekaligus mengurangi angka pengangguran di desa mereka.

“Kita harapkan dengan bank sampah semua bisa terbantu, termasuk yang selama ini menganggur bisa bekerja dan memghasilkan uang. Hanya saja saat ini kami masih terkendala dengan mesin penggiling untuk sampah seperti sayur mayur dan yang sejenisnya,” tutur Suparto.

Bank sampah desa
Aktifitas warga di Bank Sampah Desa Padang Kedeper, Taba Penanjung | Foto: Hendry Dunan/PROGRES BENTENG

Kehadiran bank sampah, lanjutnya, tidak hanya membantu warga dalam menjaga kebersihan di desa mereka. Bank sampah bisa menjadi penghasilan tahunan bagi warga Desa Padang Kedeper.

Antusias warga dalam mengumpulkan sampah terbilang tinggi. Sayangnya langkah pemerintah desa mendirikan bank sampah pasti menemui kendala dan butuh campur tangan pemerintah atau dinas terkait. Saat ini mereka membutuhkan mesin penggiling sampah mengolah sampah menjadi pupuk. Warga pun berharap pemerintah bisa membantu mereka untuk mendapatkan mesin penggiling tersebut.(hdn)

Komentar Facebook

Warning: A non-numeric value encountered in /home/progresi/public_html/benteng/wp-content/themes/newsprogres/includes/wp_booster/td_block.php on line 308

LEAVE A REPLY