Pohon Kurma Mampu Tumbuh Besar di Pekarangan Rumahnya, Warga Talang Empat Senang

664
Pohon kurma di Talang empat
Warga menunjukkan pohon kurma yang tumbuh besar di pekarangan rumahnya | Foto: Hendry/PROGRES BENTENG
PROGRES.ID, BENTENG – Di Desa Talang Empat, Kecamatan Karang Tinggi, sebatang pohon kurma yang tumbuh membesar mampu jadi perhatian. Menariknya, Kepala Desa (Kades) setempat pernah meminta mahasiswa Universitas Bengkulu (UNIB) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa itu untuk memastikan phon itu adalah pohon kurma.
Kades Talang Empat, Taheran bahkan itu menyoroti soal pohon kurma ini. Ia menyebut bahwa pohon kurma itu awalnya ditemukan saat salah satu warganya saat akan membangun siring di depan rumahnya.
Pohon tersebut awalnya dikira pohon palem yang tingginya hanya satu jengkal. Setelah itu, warga memindahkan dan menanamnya kembali di halaman rumah warga tersebut.
Selang 1,5 tahun, pohon tersebut tumbuh dan berkembang. Penasaran, dengan bentuknya Kades memanggil mahasiswa Unib untuk meneliti pohon tersebut. Setelah beberapa waktu, akhirnya dipastikan itu merupakan pohon kurma.
Pohon kurma di Talang empat
Warga menunjukkan pohon kurma yang tumbuh besar di pekarangan rumahnya | Foto: Hendry/PROGRES BENTENG

“Pertama kali diketahui, pohon itu tertanam di dekat siring, karena waktu itu yang punya sedang memperbaiki siring. Setelah itu dipindahkan ke dekat halaman rumah warga. Pas pohonnya sudah tinggi, saya dan yang punya tanaman itu agak merasa aneh, kayak bukan palem. Kita minta anak-anak Unib yang KKN di sini (Talang Empat) untuk menelitinya. Akhirnya, setelah diteliti dipastikan ini pohon kurma,’’ ujar Taheran.

Menurut Taheran, pohon kurma yang mampu tumbuh besar di desanya menjadi suatu keajaiban. Pasalnya, ia beranggapan pohon kurma hanya mampu tumbuh di kawasan padang pasir seperti di Jazirah Arab.
“Saya nggak nyangka pohon kurma bisa tumbuh besar di desa kami. Untuk sementara ini, yang jelas kita rawat, sampai pohon ini besar, apa bisa tumbuh besar lagi atau tidak, syukur-syukur bisa berbuah,” tandasnya.
Untuk diketahui, biji kurma mampu ditanam hingga tumbuh besar, meski berada di kawasan seperti di Provinsi Bengkulu. Namun, kebanyakan tak mampu berbuah dan sulit tumbuh lebih tinggi.
Salah satu contohnya, di Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja, Seluma. Di pekarangan milik Almarhum Yazid, terdapat pohon kurma yang sudah puluhan hidup. Namun, pohon kurma itu sulit tumbuh lebih tinggi dan tak mampu berbuah hingga saat ini.(hdn)
Komentar Facebook

LEAVE A REPLY