Bergantung Hidup dari Limbah Batubara, Ratusan Warga Desak Perusahaan Batubara Dioperasikan Lagi

88
Demonstrasi warga
Unjukrasa warga menuntut agar perusahaan batubara di Benteng bisa beroperasi | Foto: Hendry/PROGRES BENTENG

PROGRES.ID, BENTENG – Ratusan massa yang mengatasnamakan Mayarakat Pengumpul Batubara dan Pengangkut Batu Bara Sungai Bengkulu Tengah.

Massa mulai bergerak dari kawasan Taba Penanjung dan berkumpul di sepanjang jalan lintas Bengkulu-Kepahiang tepatnya di depan kantor Bupati Bengkulu Tengah (Benteng).

Dalam aksinya massa meminta Pemerintah Kabupaten Benteng mendukung langkah warganya untuk mendesak Pemprov Bengkulu agar segera mencari solusi terkait izin bagi masyarakat pengumpul limbah Batu Bara di area Sungai Bengkulu.

batubara
Suasana demonstrasi warga menuntut kejelasan operasi perusahaan tambang batubara | Foto: Hendry/PROGRES BENTENG

Massa juga mengklaim jika limbah batu bara di sungai wilayah Bengkulu Tengah adalah sebuah fenomena sehingga bisa dianggap tidak termasuk dalam UU No.04 Tahun 2009 tentang Minerba. Maka diperlukan regulasi untuk mengatur hal ini dikarenakan ada ratusan masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah yang menggantungkan hidup pada kegiatan sebagai pengumpul limbah batu bara sungai.

Usai Berkumpul di depan kantor Bupati Bengkulu Tengah, kemudian dengan menggunakan puluhan kendaraan massa langsung bergerak menuju ke kantor Gubernur Bengkulu. Sesampainya dilokasi massa langsung berorasi sambil membentangkan spanduk dan pamflate serta meminta bertemu serta hearing dengan Gubernur Bengkulu. (hdn)

Komentar Facebook

LEAVE A REPLY