Ada Wacana Rastra Diganti Uang, Kesra Akan Tanya Pemprov dan Pusat

133
Ilustrasi uang
Ilustrasi

PROGRES.ID, BENTENG – Beras untuk masyarakat Sejahtera (Rastra) diwacanakan akan diganti dengan bantuan berbentuk uang. Tak hanya itu, penyaluran bantuan pengganti Rastra itu direncanakan langsung diterima langsung oleh penerima melalui rekening bank atau tanpa mmelibatkan Pemerintah Desa (Pemdes).

Kepala Bagian Kesra Setdakab Benteng, Syafarudin hal tersebut belum dapat direalisasikan dalam waktu dekat, pasalnya masih sebatas wacana.

“Belum bisa diterapkan dalam waktu singkat ini. Kalau pun memang (rastra) akan diganti ke dalam bentuk uang, kemungkinan akan dikirim langsung ke rekening penerima yang nanti akan disiapkan kartu ATM masing-masing. Tapi untuk pastinya, kami akan koordinasikan dulu ke provinsi atau langsung ke pusat,” ungkap Syafarudin.

Setiap bulannya, lanjutnya, warga penerima mendapat rastra sebanyak 15 kg/bulan, dengan rincian harga Rp 1600 per kg. Jika nantinya digantikan dengan uang, maka setiap bulannya masyarakat penerima akan memperoleh sebanyak 15 kg dikali Rp 1600 sama dengan Rp 24 ribu/bulan.

“Selama ini dibayarkan enam bulan sekali. Jika ditotalkan satu penerima mendapatkan Rp 144 ribu per semester. Hanya saja, kemungkinan akan ada perubahan jumlah uang yang diterima jika adanya pergantian dari bentuk beras menjadi uang,’’ tutup Syafarudin.(hdn)

Komentar Facebook

LEAVE A REPLY