KPU Tolak Rekomendasi Panwas

267
Gebrak Meja saat dialog
Seorang perwakilan pengunjuk rasa tampak menggebrak meja karena tak puas dengan jawaban KPU | Foto: Hendri Dunan/PROGRES BENTENG

PROGRES.ID, BENTENG – Usai rapat pleno penetapan pasangan calon, secara terbuka KPU Benteng membacakan jawaban atas rekomendasi yang dikeluarkan oleh Panwaslu Kabupaten Benteng.

Baca: Soal Rekomendasi Panwas, Ini Jawaban KPU Benteng

Isi jawaban KPU Benteng tersebut tidak dapat menindaklanjuti rekomendasi Panwas. Beberapa dasar pertimbangannya yakni rekomendasi itu telah melampaui kewenangan dan mengangkangi ketentuan Peraturan Bawaslu RI Nomor 2 Tahun 2015 tentang perubahan terhadap Peraturan Bawaslu Nomor 11 tahun 2014.

Sementara dalam dialog, perwakilan pengunjuk rasa mendesak KPU untuk segera menyerahkan salinan balasan rekomendasi tersebut, namun KPU tetap menolak karena balasan belum dilayangkan ke Panwaslu. Pernyataan KPU itu sempat memancing emosi salah seorang dari perwakilan hingga mengebrak meja karena tak puas dengan keputusan KPU.

Atas permintaan pihak kepolisian akhirnya jawaban atas rekomendasi Panwaslu dilayangkan saat itu juga (24/10/2016). Ketua KPU Benteng Asmara Wijaya menyatakan bahwa keputusan tersebut telah sesuai dengan aturan.

“Jujur, kami ini bekerja sesuai aturan. Keputusan KPU itu final dan mengikat jika ada yang tidak puas dengan keputusan itu silakan menempuh jalur hukum lainnya,” tegas Asmara.(hdn)

Komentar Facebook

LEAVE A REPLY