KPU: APK Rusak Paslon Silahkan Perbaiki

142
APK yang mengalami kerusakan akibat cuaca \foto: Hendri/PROGRES BENTENG/

PROGRES.ID,BENTENG –  Hingga hari ke-21 masa kampanye tertutup tak sedikit alat peraga kampanye (APK) yang dipasang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mengalami kerusakan.Kerusakan APK yang hampir terjadi disetiap desa dikabupaten Benteng ini lebih disebabkan karena faktor cuaca yang ekstrim akhir-akhir ini.

Komisioner KPU Kabupaten Benteng BJ Karneli menjelaskan sesuai dengan kesepakatan bersama pasangan calon dan tim kampanye beberapa waktu lalu, KPU bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan atau penggantian selama 20 hari sejak kampanye dimulai yakni dari tanggal 28 Oktober 2016 lalu.

Setelah itu jika APK yang terpasang mengalami kerusakan setelah batas waktu yang ditentukan berakhir, perbaikan APK diserahkan kepada masing-masing pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Benteng yang ditelah ditetapkan oleh KPU.

“Jika ada yang rusak, Paslon dipersilahkan untuk melakukan perbaikan dengan menggunakan biaya paslon sendiri,” tegas BJ Karneli (18/11/2016).

Perbaikan terhadap APK rusak lanjut Karneli tak bisa dilakukan sesuka hati. Melainkan tetap berpedoman dengan desain serta materi yang telah ditentukan oleh KPU Kabupaten Benteng.

“Perbaikan harus diganti dengan besaran dan ukuran serta materi yang sama juga. Paslon tak boleh membuat desain baru selain dari yang ditetapkan KPU. Bahkan titik perbaikan juga tak boleh dibuat di lokasi yang berbeda dengan APK yang rusak,” tambah Karneli

Meskipun demikian kata BJ Karneli, pihaknya meminta agar seluruh masyarakat lebih proaktif dalam memantau seluruh APK yang telah dipasang. Terutama kerusakan yang dilakukan karena unsur kesengajaan oleh oknum tertentu.

“Jika ada yang rusak silahkan laporkan, baik itu kepada KPU, Panwaslu ataupun masing-masing tim kampanye,” ungkap BJ Karneli.(hdn).

Komentar Facebook

LEAVE A REPLY