Hasil Pleno Vertual PPK, Dua Balon Ini Tak Cukupi Syarat

586
Ketua KPU Benteng, Asmara Wijaya | Foto: KPU Benteng

Tiga Bakal Paslon Berpeluang Bertarung

PROGRES.ID, BENTENG – Rapat pleno hasil verifikasi faktual (vertual) tahap II tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang digelar Rabu (19/10/2016), dua pasangan balon Hendry Koestomo-Edi Fitrianto dan Medi Hasfery-Arbain Awaludin tak juga mencukupi syarat minimal dukungan KTP sesuai syarat yang telah ditetapkan KPU, yakni 7.894 dukungan.

Dua pasangan balon jalur independen lainnya yakni M Sabri-Naspian dan Medio Yudistio-Abdu Rani masih berpeluang lolos verifikasi. Sehingga ada kemungkinan dua bakal paslon yang sudah terdaftar di KPU Benteng yang dapat ditetapkan menjadi paslon bersama balon petahana dari jalur parpol satu-satunya, Ferry Ramli-Septi Periadi.

Meski demikian, Ketua KPU Benteng, Asmara Wijaya belum dapat memastikan Hendry-edi dan Medi-Arbain akan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Pasalnya, hasil vertual itu baru ditetapkan pada rapat pleno tingkat kecamatan, sedangkan penetapan TMS atau tidaknya dukungan bakal paslon diputuskan pada pleno tingkat KPU Kabupaten yang akan digelar Jumat (21/10/2016).

“Belum bisa kita putuskan TMS atau tidak, ini baru hasil vertual tingkat PPK. KPU baru bisa menyampaikan data hasil vertual setelah melakukan pleno ditingkat KPU Kabupaten,” jelas Asmara.

Meski demikian, lanjut Asmara, bagi pasangan balon yang tidak memenuhi syarat dukungan, itu akan menjadi salah satu pertimbangan bagi KPU dalam mengambil keputusan saat penetapan pasangan calon (paslon) pada tanggal 24 Oktober 2016 mendatang.

“Mereka harus mendapatkan dukungan sebanyak 7.894 dengan sebaran minimal di 6 kecamatan. Syarat dukungan inilah yang akan menjadi dasar kami  menetapkan pasangan calon,” jelas Asmara.(hdn)

Komentar Facebook

LEAVE A REPLY