Ferry-Septi Berpeluang Jadi Calon Tunggal

204
Sufirman | Foto: Dok. Sekretariat KPU Benteng/PROGRES BENTENG

PROGRES.ID, BENTENG -Hingga memasuki tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (paslon) Pilkada Benteng 2017, hanya ada satu pasangan saja yang diusung penuh oleh sejumlah partai politik (parpol), yakni Ferry Ramli-Septi Peryadi (Duo Ferry).

Sebelumnya ada 4 pasangan yang mendaftarkan dukungan KTP untuk maju melalui jalur independen. Dari empat bakal paslon itu tak ada satu pun yang memenuhi syarat dukungan. Meski demikian, KPU Benteng masih memberikan peluang bagi 4 pasangan itu memenuhi persyaratannya pada masa pendaftaran dan akan diverifikasi secara faktual kembali.

Jelas ada dua kemungkinan bagi  4 bakal paslon independen, yakni lolos verifikasi faktual atau tidak. Jika tak ada yang memenuhi persyaratan, Duo Ferry berpeluang jadi calon tunggal dalam Pilkada Benteng 2017 ini.

“Meski sudah mendaftarkan dukungan KTP mereka, tak ada satu pun yang memenuhi syarat dukungan. Empat bakal paslon itu masih diberi kesempatan, kita lihat saja nanti, apakah setelah diverifikasi ada yang bisa memenuhi syarat,” ungkap Komisioner KPU, Sufirman.

Menurut Sufirman, verifikasi faktual akan dilakukan setelah bakal paslon sudah mendaftarkan diri ke KPU. “Setelah terdaftar sebagai bakal calon, kami akan melakukan verifikasi faktual terhadap syarat yang mereka serahkan, apalagi kita ketahui untuk paslon yang maju melalui jalur independen harus melampirkan dukungan KTP, dan syarat lainnya,” jelasnya.

Jika berdasarkan verifikasi faktual keempat bakal paslon masih tak kunjung mampu memenuhi syarat dan tak lagi ada waktu perbaikan, maka KPU akan menyatakan berkas pendaftaran mereka Tidak Memenuhi Syarat(TMS).

“Kalau berkaca dari kondisi tersebut, bisa saja paslon dari jalur parpol tidak memiliki lawan. Jika itu terjadi, sesuai aturan Pemilu, KPU masih akan melangsungkan Pilkada meski hanya satu paslon,” jelas Sufirman.(hdn)

Komentar Facebook

LEAVE A REPLY