“Banjir menggila””Sungai Meluap,Jembatan Amblas,Persawahan Terendam

199
Jembatan desa dusun baru II yang amblas akibat banjir | foto: Hendri/PROGRES BENTENG/
PROGRES.ID,BENTENG-Hujan yang mengguyur Kabupaten Bengkulu Tengah(9/11/2016) mengakibatkan beberapa sungai di daerah ini meluap. luapan sungai tidak hanya mengakibatkan akses jalan terganggu bahkan puluhan hektar lahan persawahan terendam.
 
Akses jalan menuju ke area perkebunan dan lahan persawahan di desa Dusun Baru kecamatan Karang Tinggi ini contohnya, nyaris tak dapat dilintasi lagi.Hal ini diperparahdengan amblasnya jembatan anak sungai Rindu Hati.
 
Akibatnya untuk mengangkut hasil pertanian, petani terpaksa berjalan kaki untuk sampai ke lahan persawahan milik mereka yang jaraknya hingga satu kilometer. Sebelumnya untuk sampai kelahan persawahan para petani dapat menggunakan kendaraan namun sejak amblasnya jembatan ini mereka mengaku sangat kesulitan.
” Biasanya kami kalau ingin kesawah tidak perlu jalan kaki seperti ini, tapi sejak jembatan ini rusak ya kami harus jalan kaki, semoga jembatan ini cepat di perbaiki oleh pemerintah,” ujar Bustami.
 
Selain di desa dusun baru kecamatan Karang Tinggi Bengkulu tengah(Benteng) banjir terparah juga terjadi di desa Pagar Dewa kecamatan Pondok Kelapa yang mengakibatkan terputusnya akses jalan.
Untuk melintas menggunakan kendaraan roda dua warga terpaksa mengangkut kendaraan mereka menggunakan rakit. Selain merendam akses jalan, banjir juga menyebabkan puluhan hektar lahan persawahan ikut terendam, hingga menyebabkan padi yang baru saja ditanam terancam rusak. Sejauh ini belum ada bantuan dari pemerintah terkait korban dan kerugian akibat banjir.(hdn)
Komentar Facebook

LEAVE A REPLY