Hasil Panen Melimpah, Warga Pekik Nyaring Gelar Kuda Kepang

348
kuda kepang
Warga Desa Pekik Nyaring menggelar acara kuda kepang saat panen raya

PROGRES.ID, BENTENG – Petani di Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah selalu menggelar tari kuda kepang setiap kali mendapat hasil panen berlimpah.

Tarian itu merupakan wujud rasa syukur mereka setelah mendapat rezeki berupah hasil panen yang banyak. Acara itu juga menjadi ajang silaturahmi sekaligus hiburan setelah lama bercocok tanam.

Tahun ini, dalam satu hektar sawah, petani di Pekik Nyaring mampu menghasilkan gabah kering giling hingga 9,12 ton. Jumlah  tersebut naik dua kali lipat dibanding tahun kemarn yang hanya 4 ton saja untuk setiap hektar.

“Kami bersyukur panen kali ini hasilnya lebih banyak dari tahun kemarin. Inilah wujud rasa syukur kami terhadap hasil yang telah tercapai. Hasil kali ini cukuplah bagi kami untuk membeli pupuk serta obat-obatan berikutnya,” ujar petani Desa Pekik Nyaring, Suandi, Minggu (24/4/2016).

Petani di desa ini memang didominasi warga asal Jawa Tengah, sehingga budaya kuda kepang tetap lestari di desa ini.

“Meski di desa kami ini mayoritas masyarakatnya suku Jawa, tapi kami tidak menutup diri, siapa pun¬† yang mau bergabung menikmati tarian budaya kuda kepang ini, kami persilakan dan itu menjadi kehormatan bagi kami,” tambah Suandi.

Menurutnya, selain sebagai hiburan dan mewujudkan rasa syukur, acara itu sebagai cara warga menjaga adat istiadat mereka.(hd)

Komentar Facebook

LEAVE A REPLY