Tuding Palsukan Tanda Tangan, BPD Polisikan Kades Surau

427
Ilustrasi tanda tangan palsu
Ilustrasi | DesaMerdeka.id

PROGRES.ID, BENTENG – Polemik yang terjadi di Desa Surau, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) semakin bertambah. Belum tuntas permasalahan pengangkatan perangkat desa yang dilakukan oleh Kepala Desa (kades), M Yamin.

Badan Permusyawaran Desa (BPD) Surau kembali melaporkan dugaan pemalsuan tanda tangan yang diduga dilakukan oleh Kades Surau.

BPD Surau menyebut dugaan pemalsuan tanda tangan tersebut dilakukan oleh Kades pada saat penyusunan laporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang merupakan salah satu syarat pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) bantuan dari pemerintah pusat.

Sekretaris BPD Surau, Dora menjelaskan, indikasi tindak pidana ini terungkap setelah pihaknya melakukan pengecekan laporan APBDes yang disampaikan oleh masing-masing desa ke Badan Pemberdayaan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Benteng.

Setelah melihat laporan APBDes tahun anggaran 2016 ternyata sudah ditandatangani oleh Wakil Ketua BPD, Amir Hamzah dan Sekretaris BPD, Dora.

“Permasalahan ini kami ketahui sesaat setelah kami mendatangi kantor BPMPD. Dari situlah kami tahu bahwa tanda tangan kami dipalsukan oleh Kades,” ungkap Dora.

Tak terima dengan hal itu, lanjut Dora, pihaknya mengaku telah melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Taba Penanjung untuk ditindaklanjuti. Meskipun tak ada kerugian materil dalam dugaan pemalsuan tanda tangan, pihaknya khawatir jika penyalahgunaan ADD dan DD nantinya akan menyeret dirinya selaku pihak yang bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap seluruh kegiatan DD dan ADD.

“Kami sudah dilakukan pemeriksaan atas laporan yang kami sampaikan dan berharap permasalahan ini segera tuntas. Kami juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Benteng mengenai persoalan ini,” kata Dora.

Terpisah, M Yamin ketika dikonfirmasi enggan memberikan penjelasan secara gamblang.

“Silakan saja tanya saja dengan pihak kepolisian,” singkat Yamin.(hdn)

Komentar Facebook

LEAVE A REPLY