Siapkan Rp 75 Miliar, APBB Segera Bangun Jalan Khusus Angkutan Batu Bara

546
Bebby Hussy
Ketua APBB Bebby Hussy

PROGRES.ID, BENTENG – Asosiasi Pengusaha Batu Bara (APBB) Bengkulu berencana membangun jalan khusus untuk kendaraan angkutan batu bara di wilayah Bengkulu Tengah (Benteng).

Rencana itu dipertegas dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Benteng dengan APBB di Rumah Makan Riung Gunung, Talang Empat, Minggu (04/12).

Dalam perjanjian itu, disepakati pembangunan jalan akan didanai sepenuhnya oleh APBB dengan total nilai Rp 75 Miliar.

Ketua APBB Bengkulu, Bebby Hussy menuturkan, pembangunan jalan khusus batu bara itu sudah direncanakan sejak lama.

“Kita (APBB) sudah rencanakan ini sejak lama, semua dana sudah kita siapkan, tinggal  menunggu penandatanganan MoU saja antara pemerintah daerah dengan kami,” ujar Bebby.

Bebby berharap jika ada kerusakan jalan lagi di wilayah Benteng atau jalur yang dilalui angkutan batu bara, maka bukan lagi angkutan batu bara penyebabnya.

“Kita tak mau lagi dituduh sebagai penyebab kerusakan jalan umum. Makanya kita juga berharap angka kecelakaan di jalan raya berkurang karena tak lagi ada lubang jalan,” jelasnya.

Menurut Bebby, pembangunan jalan khusus batubara itu akan mulai dikerjakan pada Maret 2017. “Kita akan mulai pekerjaan pada Maret nanti, yang jelas sesudah Benteng punya bupati definitif lagi,” terangnya.

Anggota DPRD Benteng, Evi Susanti mengatakan, Pemkab Benteng hanya akan berperan sebagai fasilitator pelaksanaan kegiatan saja.

“Pemerintah hanya memfasilitasi dan mengawasi saja. Sesuai MoU akan dikerjakan tanggal 8 Desember mendatang,” kata Evi.

Jalan tersebut rencananya akan dibangun sepanjang 17 Km. Mulai dari jalan khusus milik perusahaan batubara di simpang perusahaan Danau Mas Hitam (DMH) menuju Desa Kota Niur Kecamatan Taba Penanjung sampai Desa Taba Lagan Kecamatan Talang Empat.(hdn)

Komentar Facebook

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY