Musim Hujan, Panen Padi Tadah Hujan Meningkat

256
sawah
Areal persawahan di kawasan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah | Foto: PROGRES.id

PROGRES.id, BENTENG – Panen padi sawah tadah hujan di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), khususnya di Kecamatan Pondok Kelapa meningkat. Peningkatan hasil panen padi sawah di kecamatan ini mencapai 30 Persen.

Dibanding tahun-tahun sebelumnya, peningkatan hasil panen tahun ini cukup drastis. Sebelumnya petani di Pondok Kelapa hanya mampu menghasilkan paling banyak 50 karung gabah kering giling. Kali ini bisa mencapai 67 karung.

Salah seorang petani di Pondok Kelapa, Abu Somad menuturkan, untuk tahun ini dari satu setengah hektar sawah miliknya, ia menjamin sekitar 30 persen hasil panen meningkat.

“Belum dipanen juga, kalau dilihat dari bulir padinya, saya pastikan hasil panen sawah tadah hujan milik saya akan meningkat jauh dari tahun sebelumnya,” kata Somad belum lama ini.

Selain karena faktor musim hujan, meningkatnya hasil panen ratusan hektar sawah tadah hujan di kecamatan tersebut juga dipicu kurangnya hama yang menyerang tanaman padi milik petani.

Persediaan pupuk bersubsidi tahun ini juga diakui petani mudah didapat. Petani berharap, kondisi serupa bisa terus bertahan pada musim tanam berikutnya.(hd)

Komentar Facebook

LEAVE A REPLY