Dalam Sepekan 6 Warga Benteng Positif DBD

187
dbd
cantikitu.com

PROGRES.ID,BENTENG – Dalam Sepekan terakhir sedikitnya sudah 6 (enam) warga Kecamatan Bang Haji Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) terdeteksi diserang penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD).

Dari 6 (enam) orang yang terdeteksi, sebanyak 5 (lima) orang sudah diperbolehkan pulang ke rumah. Sedangkan 1 (satu) orang lainnya masih dirawat di rumah sakit (RS) Rafflesia Kota Bengkulu guna mendapatkan pengobatan yang intensif.

“Informasi yang kami peroleh dari tim medis Puskesmas, ada sebanyak 6 orang dinyatakan positif DBD. Ini terbukti setelah semua korban melakukan uji lab di masing-masing rumah sakit. Petugas Puskesmas sudah kita instruksikan untuk melakukan fogging,” terang Maridon Kepala Seksi (Kasi) Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Benteng (30/11/2016).

Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), pengasapan dilakukan dalam radius 100 meter dari lokasi atau tempat tinggal korban yang terkena DBD. Namun guna mengantisipasi penyebaran nyamuk penyebab DBD agar tak cepat menyebar saat cuaca ekstrem seperti saat ini, Dinkes akhirnya mengambil kebijakan dan langsung melakukan fogging di seluruh desa di Kecamatan Bang Haji.

“Guna meningkatkan kewaspadaan, setiap desa langsung kita fogging hari ini (kemarin,red). Kami sudah mengirimkan racun fogging sebanyak 1 jerigen dengan isi total sebanyak 100 liter. Kami juga masih memiliki cadangan racun jika keadaan semakin gawat,” kata Maridon.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memperhatikan kebersihan sekitar pemukiman, terutama bagi masyarakat yang memang tinggal di tempat yang padat penduduk.Karena biasanya nyamuk penyebab DBD hanya akan bertelur di genangan air yang bersih di sekitar pemukiman, seperti didalam kaleng, bak penampungan air ataupun wadah.(hdn)

Berikut nama korban yang terkena DBD di Kecamatan Bang Haji

No    Nama        Desa        Kondisi terakhir

1    Jhon (35)        Sekayun Ilir    Di rumah, setelah dirawat di RS Rafflesia

2    Jero (7)        Sekayun Ilir    Di rumah, setelah dirawat di RS Rafflesia

3    Jelsi (4)        Sekayun Ilir    Di rumah, setelah dirawat di RS Rafflesia

4    Ferdi (7)        Bang Haji        Di rumah, setelah dirawat di RS Bhayangkara

5    Ajel (4)        Padang Burnai    Di rumah, setelah dirawat di klinik perawatan Sint Carolus

6    Suar (60)        Taba Tengah    Masih di rawat di RS Rafflesia

Komentar Facebook

LEAVE A REPLY